91 Orang PPDP Solsel Diganti

Metro-229 hit 14-07-2020 11:04
Foto : KPU Kabupaten Solok Selatan. (Dok : Istimewa)
Foto : KPU Kabupaten Solok Selatan. (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solok Selatan akan merekrut puluhan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Pikada 2020 yang baru.

Ini dilakukan karena dari 460 anggota PPDP di kabupaten itu, sebanyak 91 orang diantara mereka harus diganti. Pasalnya berdasarkan hasil rapid test yang mereka jalani menunjukan reaktif.

Sebagaimana diketahui syarat untuk pelaksanaan verifikasi faktual maupun pendataan pemilih, para petugas ini harus jalani rapid test.

Baca Juga

"Melihat ada diantara anggota PPDP kami yang reaktif hasil rapid test-nya, maka kami segera lakukan rekrutmen baru anggota PPDP Pilkada 2020 di Solok selatan," kata Ketua KPU Solok Selatan, Nila Puspita ketika dihubungi Arunala.com , Senin sore (13/7).

Nila menyebutkan, perekturan tersebut dilakukan KPU karena PPDP ini akan laksanakan tugas coklit mulai 15 Juli hingga 13 Agustus 2020.

"KPU tidak menginginkan terganggu tahapan Pilkada 2020 yang sedang berjalan, maka secepatnya dilakukan perekrutan baru," ungkap dia.

Sebagaiman diketahui, saat ini wabah virus corona, tentunya petugas harus mengikuti protokol kesehatan yakni dilakukan rapid tes, menjaga jarak aman dengan masyarakat ketika dilakukan pencocokan data.

"Selain itu, seluruh petugas yang melaksanakan coklit juga menggunakan alat pelindung diri (APD) seperti masker, pelindung wajah, hand sanitizer dan sarung tangan,"jelas Nila.

Nila menambahkan, namun ketika dilakukan rapid test diikuti 460 orang PPDP, sebanyak 91 orang PPDP hasil reaktif. Rapid tes pertama dilakukan pada Jumat (10/7) dengan hasil reaktif sebanyak 88 orang tersebar di tiga kecamatan yakni Sungai Pagu 59 orang, Pauah Duo 28 orang dan Sangir Balai Janggo satu orang.

Nila membeberkan, karena rapid test hari pertama ada yang tidak hadir, maka dilakukan rapid test pada Sabtu (11/7).

"Dari hasil rapid test kedua ini ada penambahan PPDP dinyatakan reaktif sehingga jumlah PPDP dinyatakan reaktif sebanyak 91 orang tersebar di dua kecamatan yakni Sungai Pagu dan Pauh Duo," ungkap dia.

Nila menyatakan, hasil rapid tes tersebut dari laporan Dinas Kesehatan Solok Selatan disampaikan secara tertulis pada KPU.

"Sebelumnya KPU mendapatkan laporan dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) rapid test dilakukan terhadap PPDP tersebut terjadi masalah. Pihaknya meminta ulang rapid test," kata Nila.

Komentar