Sumbar Catat Kasus Covid Tertinggi

Metro-882 hit 31-07-2020 14:13
Foto : Jasmani Rizal. (Dok : Istimewa)
Foto : Jasmani Rizal. (Dok : Istimewa)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Jumat (31/7) ini, Sumbar mencatat rekor tertinggi kasus Covid-19 yang terkonfirmasi positif. Ini kali pertama bagi Sumbar sejak kasus ini terjadi pada26 Maret 2020 lalu.

Pada Jumat ini,Labor Fakultas Kedokteran Unand dan Labor Veteriner Baso Agam untuk sementara melaporkan terdapat 40 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19.

"Kasus tersebut hasil dari 1.541 pemeriksan sample PCR yang dilakukan hari itu (Jumat, red)," kataJuru Bicara Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Sumbar Jasman Rizal melalui keterangan tertulisnya.

Baca Juga

Menurut dia, ini kasus tertinggi yang terjadi di Sumbar di hari itu. Tambahan 40 kasus positif pada hari ini berasal dari Kota Padang dengan 26 kasus, Kota Sawahlunto dengan enam kasus positif, Kota Solok sebanyak tiga kasus, dua kasus di Kabupaten Agam serta Kabupaten Solok juga dengan tiga kasus.

Ditambahkan Jasman, untuk keterangan lebih lengkap serta perkembangan data terkait kasus terkonfirmasi positif Covid-19 hari ini akan disampaikan sore hari dan diumumkan di laman resmi Pemprov Sumbar https://www.sumbarprov.go.id

Dengan adanya penambahan 40 kasus baru itu, menjadikan total kasus positif Covid-19 di Sumbar ikut naik yakni menjadi 907 orang dengan rincian 63 orang dirawat di berbagai rumah sakit, 37 orang isolasi mandiri, 16 orang isolasi di BPSDM, 33 orang meninggal dan 758 diantaranya telah dinyatakan sembuh.

Sementara itu Kepala Pusat Diagnostik dan Riset Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Unand Dr dr Andai Eka Putramembenarkan ada peningkatan positif Covid-19 di Sumbar pada Jumat itu.

"Penemuan kasus positif sebanyak itu berdasarkan hasil tracing dan survailance. Jika tidak ditemukan, maka akan menjadi lebih berbahaya," sebut Andani.

Dia mengimbau masyarakata harus tetap waspada dan pihaknya tetap lakukan tracing masif. Tidak perlu cemas berlebihan, karena 95 persen adalah tanpa gejala dan ringan. Pakai fasilitas swab gratis yang disediakan pemprov bagi orang masuk ke Sumbar.

Kemudian terhadap 40 pasien baru yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu, Andani menyampaikan 90 persen lebih diantaranya merupakan berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG).

"Status yang demikian akan lebih berbahaya kalau tidak diketahui berapa sebarannya ke warga lain, ini bisa menyulitkandalam memutus dan mengendalikan Covid-19," kata Andani.

Komentar