Febby Klaim Empat Partai Komit Koalisi

Metro-519 hit 02-08-2020 16:58
Suasana rapat bersama empat partai di Sumbar dalam menghadapi Pilgub Sumbar 2020, di Hotel Mercure Padang, Sabtu malam (1/8). (Dok : Istimewa)
Suasana rapat bersama empat partai di Sumbar dalam menghadapi Pilgub Sumbar 2020, di Hotel Mercure Padang, Sabtu malam (1/8). (Dok : Istimewa)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Dinamika politik Sumbar jelang pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur makin mengeliat. Ini bisa dilihat dengan munculnya beberapa pasangan calon kepermukaan yang diklaim sudah diusung partai.

Misalnya, partai Gerindra peraih kursi terbanyak di DPRD Sumbar yakni 14 kursi, mengapungkan paslon Nasrul Abit - Indra Catri.

Kemudian muncul pasangan Mahyeldi Ansharullah - Audy Joinaldy (PKS-PPP), kendati baru PPP saja yang sudah berikan rekomendasi, sementara dari kubu PKS sendiri masih menunggu keputusan DPP PKS siap yang akan dicalonkan.

Baca Juga

Lalu menyusul pasangan Mulyadi - Ali Muhkni yang digadang-gadangkan diusung Demokrat - PAN, meski baru berbekal SK dari DPP PAN.

Terakhir pasangan calon perseorangan Fahkrizal - Genius Umar, yang sedianya siap mewarnai kontestasi pilgub Sumbar, namun sekarang pasangan calon ini sedang menunggu putusan permohonan sengketa pilkada yang mereka ajukan ke Bawaslu Sumbar dan DKPP terhadap putusan KPU Sumbar terkait hasil rekapitulasi dukungan.

Terlepas dari itu, kini di Sumbar pemberitaan menyangkut pertemuan empat partai peraih kursi di DPRD Sumbar seperti Golkar, NasDem, PDI Perjuangan dan PKB yang notabene-nya belum memiliki pasang calon.

Memang belum ada penjelasan resmi empat parpol ini sepakat akan koalisi di pilgub nanti, namun yang jelas jika kekuatan dari empat partai bergabung, mereka berbekal 17 kursi dan itu melebih dukungan minimal yakni 13 kursi sebagai syarat untuk mengusung satu pasangan calon.

Informasi yang dihimpun, empat parpol itu katanya telah komit membentuk sekretariat bersama pendaftaran calon gubernur dan wakil gubernur sampai tanggal 20 Agustus. Setelah itu, pada 5 September mendaftar ke KPU.

Adanya komitmen empat partai ini dibenarkan Ketua DPW PKB Sumbar Febby Dt Banget Nan Putiah, yang hadir langsung dalam pertemuan malam itu, di Hotel Mercure Padang, Sabtu malam (1/8)

"Kami tidak lagi pikirkan ego Parpol, tapi kami pikirkan Sumbar dan masyarakat ke depan, semangat kami ayo cari pemimpin Sumbar dan ikhlaskan mereka bekerja kalau dipercaya masyarakat Sumbar," ujar Febby.

Sedangkan, Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPRS Sumbar, Albert Indra Lukman mengaku kehadiran dirinya pada pertemuan petinggi partai di Hotel Mercure Padang itu mewakili Ketua DPD PDIP Sumbar.

"Kehadiran PDI Perjuangan kemarin malam itu sebagai peninjau dan menyaksikan deklarasi 'Poros Tengah' itu. Dan kami belum menentukan sikap partai," kata Albert saat dihubungi Minggu siang (2/8).

Menurutnya, untuk persoalan pilgub Sumbar, sudah ada prosesnya di PDI Perjuangan dan hal ini sudah sampai ke DPP.

Menyangkut calon yang bakal dicalonkan, Albert menyebut memang sudah ada calon-calon yang dipanggil, dan itu masih berproses.

"Terhadap adanya ajakan koalisi dari Golkar, PKB dan NasDem dengan membuat Koalisi 'Poros Baru', maka ini perlu dikonsultasikan lagi oleh ketua DPD PDI Perjuangan Sumbar dengan pihak DPP kami," kata Albert.

Komentar