Bawaslu Registrasi Permohonan Bapaslon FAGE

Metro-192 hit 05-08-2020 20:29
Kuasa hukum Bapaslon perseorangan FAGE, Virza Benzani saat terima bukti telah diregistrasi nya pemohonan sengketa pemilihan dari pihak Bawaslu Sumbar, Rabu (5/8). (Dok : Istimewa)
Kuasa hukum Bapaslon perseorangan FAGE, Virza Benzani saat terima bukti telah diregistrasi nya pemohonan sengketa pemilihan dari pihak Bawaslu Sumbar, Rabu (5/8). (Dok : Istimewa)

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumbar sudah meregistrasi berkas perbaikan permohonan sengketa pemilihan yang diajukan bakal pasangan calon (bapaslos) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar jalur perseorangan Fahkrizal - Genius Umar (FAGE).

Sudah diregistrasi permohonan itu, setelah pihak FAGE melalui kuasa hukumnya, Virza Benzani menyerahkan hasil perbaikan permohonan sengketa pemilihan itu kepada Bawaslu Sumbar, Selasa (4/8).

"Setelah kami beri registrasi permohonan itu, maka akan dilanjutkan dengan musyawarah diantara kedua pihak yakni FAGE dan KPU Sumbar," kata Ketua Bawaslu Sumbar, Surya Efitrimen saat dihubungi Arunala.com Rabu malam (5/8).

Baca Juga

Ditanya apakah dalam musyawarah ini, akan dihadiri kedua pihak itu? Surya Efitrimen menjawab iya.

"Para pihak (pemohon dan termohon) sdh dipanggil utk menghadiri musyawarah sesuai jadwal musyawarah tertutup yakni Jumat (7/8) pukul 14.00 di Sekretariat Bawaslu Sumbar," jelasnya.

Surya Efitrimen juga menyampaikan pada musyawarah itu nanti dihadiri majelis musyawarah yakni Alni, Elly Yanti dan dirinya.

Untuk tingkat musyawarah tertutup, terang Surya Efitrimen, paling banyak dilaksanakan dua kali.

"Bila dalam dua kali musyawarah awal ini tidak tercapai kesepakatan, maka lanjut ke musyawarah terbuka (adjudikasi)," ujar Surya Efitrimen.

Terpisah, Kuasa hukum FAGE, Virza Benzani membenarkan permohonan sengketa pemilihan yang diajukan kliennya tentang penolakan hasil verifikasi faktual KPU Sumbar tanggal 23 Juli lalu telah dinyatakan lengkap oleh Bawaslu Sumbar dan siap di sidangkan.

"Permohonan penyelesaian sengketa pemilihan telah diregister oleh Bawaslu Sumbar dengan No 001/PS.REG/13/VIII/2020, tanggal 05 Agustus 2020," kata Virza.

Untuk pelaksanaan persidangan ini, sebutnya, Bawaslu telah sampaikan surat panggilan musyawarah penyelesaian sengketa pemilihan kepada pihak Fakhrizal-Genius melalui dirinya.

"Surat panggilan itu langsung kami jemput ke Bawaslu Sumbar, Rabu siang (5/8) dan dalam surat itu dituliskan tempat dan jadwal musyawarah tersebut yakni Jumat (7/8) pukul 14.00," ujar Virza lagi.

"Pada kesempatan pertama ini, musyawarah akan dilakukan secara tertutup yang dihadiri oleh pelapor yakni bapaslon dan terlapor dalam hal ini KPU Sumbar," pungkas Virza Benzani.

Komentar