Pasien Positif Terus Bertambah di Sumbar

Metro-118 hit 15-08-2020 11:48
Juru bicara tim GTPP Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal. (Dok : Istimewa)
Juru bicara tim GTPP Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Sabtu pagi (15/8), tim Gugur Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumbar merilis untuk sementara ditemukan 37 sampel yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Penjelasan juru bicara tim GTPP Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal, penambahan pasien positif dalam beberapa hari belakangan sebagian besar adalah bersifat Imported case.

"Untuk Local transmission ada, tapi berawal dari imported case (datang dari luar Sumbar, red), yang kemudian menyebar ke kontak terdekatnya (transmisi lokal)," ujar Jasman Rizal melalui keterangan tertulisnya kepada media, Sabtu (15/8).

Baca Juga

Dia menerangkan hasil total pemeriksaan sampel pada Jumat kemarin yang dikirimkan oleh penanggung jawabnya Dr. dr. Andani Eka Putra, M.Sc sebanyak 1.747 sampel. Rincian dari Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand sebanyak 1.603 spesimen dan Laboratorium Veterenir Baso Agam sebanyak 144 spesimen.

"Dari semua sampel itu ditemukan 37 yang positif dan 18 orang pasien dinyatakan sembuh," terang Jasman Rizal lagi.

Dia juga menjelaskan, dari 37 positif tersebut berasal dari kabupaten dan kota di Sumbar yakni, Kota Padang 27 orang, Kota Bukittinggi empat orang, Kabupaten Tanah Datar empat orang dan Sawahlunto dua orang

"Kami berharap, siapapun juga yang memasuki sumbar, agar tetap melakukan test SWAB secara gratis. Baik melalui udara ataupun darat. Sebelum keluar hasil swab, sebaiknya isolasi mandiri dulu sementara waktu, " terangnya.

Jasman menambahkan, untuk keterangan lebih rinci dan jika ada perkembangan dan penyesuaian data lebih lanjut, nanti sore kami perbaiki dan umumkan di website resmi pemprov Sumbar, yaitu di https://www.sumbarprov.go.id/.

Bantah Sekprov Terpapar

Sebelumnya, yakni Jumat (14/8) kemarin, Jasman Rizal juga meluruskan pemberitaan simpang siur mengenai kondisi Sekprov Sumbar Alwis yang sempat disebutkan terpapar Covid-19.

"Untuk hal ini saya jelaskan, memang Pak Sekprov pulang dari Jakarta, kemudian langsung lakukan uji swab pada Kamis (13/8) lalu dan Jumat keluar hasilnya. Hasilnya itu meminta Pak Sekprov uji swab ulang dan meminta dirinya istirahat sampai hasil swab yang ke dua keluar," kata Jasman Rizal. (rel)

Komentar