Komisi I Telisik Kesiapan KPU Sumbar

Metro-102 hit 24-08-2020 21:50
Saat pertemuan Komisi I DPRD Sumbar dengan KPU Sumbar terkait persiapan Pilgub, Senin (24/8). (Dok : Istimewa)
Saat pertemuan Komisi I DPRD Sumbar dengan KPU Sumbar terkait persiapan Pilgub, Senin (24/8). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Komisi I DPRD Sumbar menanyakan sejauh mana kesiapan KPU Sumbar untuk pelaksanaan Pilgub Sumbar 2020, serta juga kendala apa yang dialami penyelenggaraan pemilu itu selama tahapan pilgub itu dijalankan.

Kondisi itu terungkap saat Komisi I ini berkunjung ke KPU Sumbar dalam rangka monitoring dan evaluasi pelaksanaan pilgub yang dikerjakan KPU itu, di aula pertemuan KPU Sumbar, Senin (24/8).

Saat itu Sekretaris Komisi I, Muhammad Nurnas sempat melontarkan pertanyaan sejauh mana monev yang sudah dilakukan KPU Sumbar terhadap KPU kabupaten dan kota dalam kesiapan menghadapi Pilgub mendatang.

Baca Juga

"Rasanya kami sebagai mitra kerja, KPU perlu untuk melakukan kunjungan dalam rangka monitoring dan evaluasi (monev), sehingga penyelenggaraan pilgub dan semua tahapan bisa berjalan baik, sesuai kehendak bersama," sebut Nurnas.

Ditegaskannya, monev yang dilakukan saat ini sebagai fungsi pengawasan dalam penganggaran, sehingga tidak ada masalah dikemudian hari.

Menjawab pertanyaan Komisi I itu, para Anggota KPU Sumbar yang hadir masing-masing Gebril Daulai, Yanuk Sri Mulyani dan Izwaryani hampir bersamaan menjawab mereka sudah siap untuk selenggarakan pilgub dengan semua tahapannya.

Bahkan mereka menerangkan, pelaksanaan tahapan Pilgub itu bukan hanya komisioner saja yang lakukan, tapi juga didukung jajaran sekretariat.

Bicara kendala, memang ada kami temui, namun sampai saat ini masih bisa kami diatasi, berkat karena kerja sama dengan sekretariat. Jadi kami sudah siap untuk melaksanakan pilkada serentak, dari tahap awal sampai pelaksanaan 9 Desember 2020 mendatang," jawab Izwaryani.

Ditambahkan Gebril, monev yang dilakukan Komisi I DPRD Sumbar merupakan kebanggaan bagi mereka, karena tampak hubungan kemitraan yang harmonis.

Dalam kunjungan ke KPU Sumbar itu, Komisi I ini dipimpin Wakil ketua Eviyandri Rajo Budiman, dan didampingi anggota Zarfi Derson, Bakri Bakar, M Ridwan, juga staf komisi Rio Eka Putra dan Nanda.

Sementara dari pihak KPU Sumbar, selain tiga komisioner tadi, juga ada Kabag Hukum, Tekhnis dan Hupmas Aan Wuryanto, Kabag SDM, perencanaan Dan Data Wandrizen, serta para staf KPU Sumbar.

Komentar