Anggota KPU Kabupaten Dharmasraya Disidang

Metro-165 hit 27-08-2020 09:55
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Penulis: Amazwar Ismail | Editor: MN. Putra

Jakarta, Arunala - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) akan menggelar sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik penyelenggara pemilu (KEPP) perkara nomor 79-PKE-DKPP/VIII/2020, pada Jumat besok (28/8) pukul 08.30 WIB.

Sekretaris DKPP, Bernad Dermawan Sutrisno melalui rilisnya yang diterima Arunala.com , Rabu malam (26/8) menyebutkan dalam sidang kali ini, DKPP akan memeriksa Zainal Efendi selaku Anggota KPU Kabupaten Dharmasraya sebagai Teradu.

"Dia diadukan Pengawas Kelurahan Desa Sungai Rumbai Timur, Ansori, dalam pokok aduannya Teradu diduga lakukan tindakan pengusiran terhadap Pengadu dari ruangan tempat acara Bimbingan Teknis Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP)," kata Bernad.

Baca Juga

Pengusiran tersebut, sebut dia, dilakukan langsung oleh Teradu di depan umum dan menggunakan pengeras suara.

Bernas menambahkan, sesuai ketentuan Pasal 31 ayat (1) dan (2) Peraturan DKPP Nomor 2 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan DKPP Nomor 3 Tahun 2017 tentang Pedoman Beracara Kode Etik Penyelenggara Pemilihan Umum, sidang ini akan dipimpin Anggota DKPP bersama Tim Pemeriksa Daerah (TPD) Sumbar.

Rencananya, sidang pemeriksaan akan digelar di Kantor Bawaslu Sumbar. Sidang akan dilakukan dengan tetap memberlakukan protokol kesehatan untuk pencegahan Covid-19.

Bernad menerangkan agenda sidang kali ini mendengarkan keterangan Pengadu dan Teradu serta saksi-saksi atau pihak terkait yang dihadirkan. Dan sidang ini ditayangkan

"DKPP telah memanggil semua pihak secara patut, yakni lima hari sebelum sidang pemeriksaan digelar," jelas Bernad.

Ia menambahkan, sidang ini juga akan ditayangkan langsung melalui akun media sosial milik DKPP.

"Sidang kode etik DKPP bersifat terbuka, artinya masyarakat dan media dapat menyaksikan langsung jalannya sidang pemeriksaan atau melalui live streaming Facebook DKPP, @medsosdkpp dan akun Youtube DKPP," tutupnya. (rel)

Komentar