Pertama Terapkan Sistem Digital di Luar Jawa dan Bali

Ekonomi-144 hit 23-02-2020 18:45
Wawako Hendri Septa dan Pemimpin Divisi Dana Bank Nagari, Roni Edrian, bersama pedagang yang buka rekening Bank Nagari saat Permindo Night Market, Sabtu malam (22/2). (Foto : Istimewa)
Wawako Hendri Septa dan Pemimpin Divisi Dana Bank Nagari, Roni Edrian, bersama pedagang yang buka rekening Bank Nagari saat Permindo Night Market, Sabtu malam (22/2). (Foto : Istimewa)

Penulis: MN. Putra | Editor: MN. Putra

Padang, Arunala - PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumbar atau dikenal Bank Nagari tiada hentinya berinovasi. Dalam waktu dekat ini, Bank Nagari akan luncurkan layanan pembayaran digital Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

QRIS
QRIS

Untuk mendekatkan layanan pembayaran digital tersebut kepada masyarakat, Bank Nagari pun terus gencar melakukan sosialisasi. Salah satunya saat pagelaran Permindo Night Market, Sabtu malam (22/2).

"Bank Nagari resmi mendapatkan izin dari Bank Indonesia untuk menerbitkan pembayaran digital QRIS per 5 Februari 2020. Dan, menjadi BPD pertama di luar Jawa dan Bali yang telah mendapatkan izin BI tersebut," kata Pemimpin Divisi Treasury Bank Nagari, Roni Edrian, kepada wartawan.

Baca Juga

QRIS ini, sebut Roni, merupakan media pembayaran melalui QR code yang telah terstandar secara nasional untuk pembayaran digital melalui aplikasi uang elektronik server based, dompet elektronik, atau mobile banking.

"Tujuannya tak lain agar pembayaran digital jadi lebih mudah bagi masyarakat dan dapat diawasi oleh regulator dari satu pintu. Karena telah berstandar, QRIS dapat digunakan lintas platform," sebut Roni.

Ia menyebutkan untuk Bank Nagari sendiri dinamai Nagari QRIS. Dan, sudah tersedia di Nagari Mobile Banking. "Selain pembayaran, melalui QR Code juga bisa melakukan transfer uang," jelasnya.

Berdasar data Bank Nagari, sebanyak 2.800 calon merchant yang akan bekerja sama. Dan di Pasar Raya terdata sekitar 281 toko.

Ditambahkan Pemimpin Bank Nagari Pasar Raya, Eka Andria Putra, pihaknya merencanakan akan menerapkan pembayaran digital QRIS ini kepada pedagang dan pengunjung Permindo Night Market.

"Kami akan menggratiskan setoran awal pembukaan rekening tabungan sebagai rekening penampungan dalam penggunaan metode pembayaran dengan QRIS ini untuk 100 tenant di Permindo night market. Nanti transaksinya hanya melalui QRIS ini. Jadi, bagi pengunjung yang telah mempunyai QRIS ini, bisa langsung melakukan transaksi di tenant tersebut," sebut Eka.

Tak hanya di Permindo Night Market saja, sebut Eka. Secara bertahap, pembayaran digital QRIS ini akan diterapkan di Pasar Raya. "Bagi pedagang yang telah memiliki rekening Bank Nagari akan kita daftarkan dan bagikan QRIS ini. Jadi, pedagang pun bisa melayani pengunjung yang ingin melakukan pembayaran digital QRIS ini," ungkap Eka.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Padang Hendri Sapta saat menghadiri Permindo Night Market mengapresiasi inovasi yang dilakukan Bank Nagari. Apalagi, pemerintah telah memberlakukan transaksi nontunai. "Dengan kehadiran pembayaran digital QRIS ini salah satunya, masyarakat bisa bertransaksi dengan mudah dan aman dalam satu genggaman ponsel," ucapnya.

Di samping itu, sebut Hendri Sapta, transaksi dengan QRIS menguntungkan pembeli dan penjual. Pasalnya, transaksi berlangsung efisien melalui satu kode QR yang bisa digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel.

"Dan, transaksi dengan QRIS langsung terjadi, karena prosesnya cepat dan seketika sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran," tuturnya seraya mengajak pedagang dan pengunjung melakukan pendaftaran pembayaran digital QRIS di Bank Nagari. (rel)

Penulis : amz

Komentar