Empat Unit Rumah Warga Hangus Terbakar di Silaut

Metro-260 hit 05-01-2021 22:11
Empat unit rumah di Kampung Talang Kayu Jao Nagari Sungai Sirah, Silaut, yang hangus terbakar, Selasa siang (5/1). (Dok : Istimewa)
Empat unit rumah di Kampung Talang Kayu Jao Nagari Sungai Sirah, Silaut, yang hangus terbakar, Selasa siang (5/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Snm

Painan, Arunala -- Sebuah kebakaran hebat menghanguskan empat unit rumah warga di Kampung Talang Kayu Jao Nagari Sungai Sirah, Kecamatan Silaut, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Selasa siang (5/1) sekitar pukul 11.45 WIB.

Dalam upaya pemadaman kebakaran itu, dua unit mobil Damkar dikerahkan, selain itu masyarakat setempat juga ikut memadamkan api dengan menggunakan alat seadanya.

Kepala Damkar Pessel, Dailipal membenarkan adanya kejadian kebakaran yang menghanguskan empat unit rumah warga di Kampung Talang Kayu Jao Nagari Sungai Sirah itu.

Baca Juga

"Empat rumah warga berikut isinya ludes terbakar. Meski dua unit mobil Damkar dikerahkan yakni dari Tapan dan Muko-muko Bengkulu untuk memadamkan api, namun dengan kencangnya angin saat kejadian itu membuat upaya pemadaman cukup sulit," kata Dailipal kepada Arunala.com Selasa (5/1).

Dia menjelasnya, empat rumah warga yang habis terbakar itu masing-masing milik Feri Saputra (31), lalu rumah milik Jusmaida (41), kemudian rumah milik Hendra Irawan (40) dan terakhir rumah milik Ridwan (55).

"Dari kejadian kebakaran itu, kerugian secara keseluruhannya ditaksir mencapai Rp750 juta," ucap Dailipal.

Keterangan sementara, sebut Dailipal, api diduga akibat adanya hubungan arus pendek listrik dari salah satu rumah milik warga yang terbakar itu.

"Karena angin kencang saat itu, api cepat merambat ke rumah yang ada di sebelahnya, dan akhirnya ada tiga rumah lainnya ikut terbakar," jelas Dailipal.

Dia menambahkan, ada sekitar dua jam lamanya petugas Damkar berupaya meamadamkan api yang membakar empat rumah warga itu.

Seorang Petugas Damkar Cidera

Di sisi lain, Dailipal juga menyampaikan kalau dalam upaya pemadaman kebakaran di Silaut itu, seorang anggota Damkar bernama Alber Kusuma Hanggi, (30 ) mengalami kecelakaan terjatuh dari mobil Damkar di Dusun Baru Tapan.

"Petugas ini terjatuh dari mobil saat akan menuju lokasi kebakaran. Akibat kejadian itu petugas ini alami luka robek di dagu dan setelah diobati dagu yang robek itu mendapat lima jahitan, kemudian dua gigi depan Albert ikut patah," kata Dailipal.

Komentar