Daswanto Diresmikan sebagai PAW Anggota DPRD Sumbar

Metro-240 hit 07-01-2021 18:23
Ketua DPRD Sumbar Supardi saat mengambil sumpah jabatan Daswanto sebagai PAW anggota DPRD Sumbar, di ruang sidang utama DPRD Sumbar, Kamis (7/1). ( Foto : Arzil)
Ketua DPRD Sumbar Supardi saat mengambil sumpah jabatan Daswanto sebagai PAW anggota DPRD Sumbar, di ruang sidang utama DPRD Sumbar, Kamis (7/1). ( Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Daswanto diambil sumpahnya sebagai anggota DPRD Sumbar yang baru oleh Ketua DPRD Sumbar Supardi dalam sidang paripurna, di Padang, Kamis (7/1).

Daswanto ditunjuk partainya yakni PAN ini sebagai pengganti antar waktu (PAW) dari Syahrul Furqon yang meninggal pada 31 Oktober 2020 lalu.

Sebelum dilantik jadi anggota DPRD Sumbar sisa jabatan 2019-2024, kader PAN ini pernah menjadi anggota DPRD Kabupaten Sijunjung tiga periode.

Baca Juga

"Pelantikan saudara Daswanto sebagai PAW anggota dewan pada sisa masa jabatan 2019-2024 ini sesuai pasal 99 ayat 1 huruf a peraturan pemerintah nomor 12 tahun 2018 bahwa anggota DPRD meninggal dunia diberhentikan sebagai anggota DPRD," kata Supardi.

Hal itu, tambahnya, diperkuat dengan putusan pimpinan DPRD Sumbar nomor surat: 165/1094/Persid- 2020, 9 Desember 2020 juga telah mengusulkan peresmian pengangkatan Daswanto sebagai PAW dari Almarhum Syahrul Furqon.

Tidak itu saja, Supardi mengatakan pelantikan Dasmanto sebagai anggota DPRD Sumbar juga ditetapkan oleh Keputusan Menteri Dalam Negeri nomor 161.13- 4714 tahun 2020 tanggal 21 Desember 2020.

Selaku pimpinan dewan, dia berharap Daswanto bisa dengan cepat menyesuaikan diri di lingkungan DPRD Sumbar.

"Apalagi yang bersangkutan sudah pernah jadi anggota dewan di DPRD Kabupaten Sijunjung selama tiga periode. Ini tentu sudah paham tugas, fungsi, hak dan kewenangan sebagai anggota DPRD," kata Supardi.

Usai dilantik, Daswanto mengatakan, dirinya bakal mewarnai lembaga yang terhormat DPRD Sumbar dengan salah satunya melaksanakan tugas dan fungsi kedewanan.

"Saya cukup memiliki pengalaman 15 tahun sebagai anggota DPRD Kabupaten Sijunjung, maka saya bertekad bakal menampung aspirasi masyarakat untuk diperjuangkan," ujar Daswanto singkat.

Sidang paripurna pengambilan sumpah jabatan PAW anggota DPRD Sumbar itu, juga dihadiri Sekprov Sumbar, Alwis mewakili gubernur, unsur Forkopimda Sumbar, Komisi dan unsur pimpinan OPD di Sumbar.

Komentar