Edisar Bantah Lakukan Pencemaran Nama Baik

Metro-420 hit 25-01-2021 21:43
Asisten I Pemkab Solok, Edisar Dt Manti Basa bersama wartawan dan kuasa hukumnya seusai buat pengaduan ke Polda Sumbar, Senin (25/1). (Dok : Istimewa)
Asisten I Pemkab Solok, Edisar Dt Manti Basa bersama wartawan dan kuasa hukumnya seusai buat pengaduan ke Polda Sumbar, Senin (25/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Asisten I Pemkab Solok Edisar Dt Manti Basa bersama kuasa hukumnya Johni Erizal & Partner's mengajukan permohonan kepada Kapolda Sumbar, Senin (25/1).

Laporan pengaduan yang dibuat Edisar terkait adanya laporan Bupati Solok, Gusmal kepada Polres Solok, yang menyatakan dirinya melakukan dugaan pencemaran nama baik Gusmal.

"Terus terang, saya merasa heran dengan dilaporkannya saya ke polisi atas dugaan pencemaran nama baik itu. Untuk itu, saya bersama kuasa hukum saya Johni Erizal & Partner's mengajukan permohonan kepada Kapolda Sumbar untuk menindaklanjuti dan memproses pengaduannya atas laporan palsu diduga dilakukan Gusmal," kata Edisar kepada sejumlah wartawan di Padang, Senin (25/1)

Baca Juga

Dia mengaku jika peristiwa itu diawali saat dia sedang menerima tamu dikediamannya, lalu bercerita-cerita berbagai hal. Lalu entah bagaimana, ada seseorang yang sengaja merekam pembicaraan itu tanpa sepengetahuannya, yang kebetulan menyebut nama Gusmal (Bupati Solok-red), dan oleh yang bersangkutan diserahkan kepada Gusmal, dan langsung melaporkan dirinya kepada Gusmal.

Didampingi kuasa hukumnya, Edisar menegaskan, dia tidak pernah melanggar pasal 310 atau 316 KUHP, melakukan perbuatan mencemarkan nama baik terhadap Gusmal.

Kuasa hukum Edisar, Johni Erizal juga mempertanyakan, letak pencemaran nama baiknya yang diduga dilakukan klieannya itu dimana.

"Klien saya bicara di rumahnya dan bukan di tempat umum, serta tidak pula menyebarkan rekaman itu," ujar Johni Erizal.

Sebelumnya kasus dugaan pencemaran nama baik Gusmal ini mencuat di berbagai media online, dimana Gusmal merasa nama dicemarkan yang diduga dilakukan Asisten I Pemkab Solok, Edisar Dt Manti Basa.

Dengan kejadian itu, Gusmal lalu melaporkan Asisten I ini ke Polres Solok didampingi kuasa hukumnya, Rudi Harmono, Senin (7/12) lalu sekitar pukul 11.00 WIB. Laporan ini diterima dengan surat tanda terima laporan bernomor: STTL/198/XII/2020/SPKT Polres Solok.

Kuasa Hukum Gusmal, Rudi Harmono kala itu mengatakan, pencemaran nama baik itu terjadi di rumah terlapor. Berawal dari pembicaraan biasa yang kemudian menyerang pribadi Gusmal.

Komentar