Tanti Luncurkan Buku Panduan IKIP

Metro-93 hit 15-02-2021 20:43
Komisioner KI Sumbar Tanti Endang Lestari serahkan buku racikannya tentang pedoman IKIP kepada Ketua KI Pusat, Gede Narayana, Minggu (14/2). (Dok : Istimewa)
Komisioner KI Sumbar Tanti Endang Lestari serahkan buku racikannya tentang pedoman IKIP kepada Ketua KI Pusat, Gede Narayana, Minggu (14/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Jakarta, Arunala - Komisi Informasi (KI) Pusat saat ini sedang merancang pembuatan Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP). Untuk membuat IKIP itu, tiap komisioner KI setiap provinsi dilibatkan dalam bentuk kelompok kerja (Pokja).

Untuk di Sumbar, selain lima orang komisioner, KI Pusat juga melibatkan dua akademisi dari dua perguruan tinggi ternama di Sumbar, yakni Eka Vidya Putra (UNP) dan Syamsurizaldi (Unand).

Menariknya, dari kegiatan KI pusat ingin membuat IKIP, komisioner KI Sumbar nyatanya selangkah lebih dulu membuat sebuah buku panduan untuk percepatan IKIP tersebut yang dibuat oleh Tanti Endang Lestari.

Baca Juga

"Buku ini dibuat agar jadi panduan bagi badan publik untuk melakukan indeks keterbukaan informasi publik atau IKIP, buku ini memuat pengalaman monitoring dan evaluasi (Monev), serta ketentuan yang diterbitkan KI Pusat," ujar Tanti kepada media di saat mengikuti FGD IKIP bersama KI Pusat di Tanggerang Banten, Minggu (14/2).

Buku panduan IKIP ini kata Tanti nantinya akan berkolaborasi dengan apa dilahirkan FGD POKJA IKIP dI Tanggerang ini.

"Selain bentuk offline, buku ini nantinya akan ada versi e-book-nya, dan untuk diketahui IKIP sendiri merupakan program anyar KI Pusat," ujar Tanti.

"IKIP ini menjadi penjabaran dari visi Presiden Joko Widodo untuk memastikan keterbukaan informasi publik di seluruh Indonesia ada indikator dan ukurannya," ujar Tanti.

Komentar