Pj Gubernur Teken Surat Usulan Pelantikan Bupati Terpilih

Metro-331 hit 20-02-2021 09:24
Salah satu surat usulan pelantikan bupati terpilih yang ditandatangani Pj Gubernur Sumbar Hamdani, Jumat (19/2). (Dok : Istimewa)
Salah satu surat usulan pelantikan bupati terpilih yang ditandatangani Pj Gubernur Sumbar Hamdani, Jumat (19/2). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Hamdani menandatangani surat usulan pengesahan empat kepala daerah terpilih yang menjadi bupati di empat daerah, untuk kemudian diserahkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jumat (19/2) kemarin.

Surat ini merupakan hasil penetapan pleno KPU empat daerah bersangkutan yang kemudian diusulkan DPRD Sumbar, untuk ditandatangani Pj Gubernur Sumbar dan selanjutnya diteruskan ke Kemendagri.

Empat surat pengusulan pelantikan pasangan kepala daerah itu antara lain untuk Kabupaten Padangpariaman, Kabupaten Limapuluh Kota, Sijunjung dan Pesisir Selatan.

Baca Juga

Ini sejalan dengan telah keluaranya hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menolak gugatan hasil pilkada yang diajukan para pemohon di masing-masing daerah itu sebelumnya.

Dari rilis yang diterima Arunala.com , Sabtu pagi (20/2), Pj Gubernur Sumbar, Hamdani menyebutkan dengan diajukannya surat usulan tersebut ke Kemendagri, maka hanya tertinggal satu kabupaten yang belum bisa diajukan pengesahannya karena masih menunggu keputusan hukum di MK.

"Saya baru saja menandatangani surat untuk Kemendagri yang isinya meneruskan surat dari empat DPRD kabupaten masing-masing untuk segera dikeluarkan keputusannya dan In Syaa Allah akan segera dilantik minggu depan," ujar Hamdani.

Dirinya menambahkan, dengan ditandatangani surat tersebut, pihak Pemprov Sumbar juga mempersiapkan upacara pelantikan yang akan dilangsungkan sesuai dengan arahan dari Kemendagri.

Telah ditandatanganinya usulan pelantikan bupati dan wali kota di Sumbar itu, berarti sudah ada dua belas dari tiga belas kepala daerah yang pilkada di Sumbar yang pelantikannya segera dilakukan.

Sebagaimana diketahui, dengan ditanda tanganinya surat tersebut, maka dua belas dari tiga belas kepala daerah terpilih tinggal menunggu waktu pelantikan yang direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 26 Februari mendatang. (*)

Komentar