Dua Kapal Pembawa Bijih Besi Tertahan di Pelabuhan Teluk Bayur

Metro-2459 hit 15-03-2021 23:57
Salah satu kapal pembawa bijih besi yang tertahan berlayar di Pelabuhan Teluk Bayur Padang, Senin (15/3). (Dok : Istimewa)
Salah satu kapal pembawa bijih besi yang tertahan berlayar di Pelabuhan Teluk Bayur Padang, Senin (15/3). (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Dua unit kapal mengangkut bijih besi tak bisa berlayar karena tertahan di Pelabuhan Teluk Bayur Padang.

Berdasarkan data dihimpun media, kapal pengangkut bijih besi yakni KM Felya berlabuh sejak 22 Februari 2021 yang membawa muatan 8.000 MT konsentrat bijih besi tujuan Morewali, Sulawesi.

Kemudian kapal MV Trifosa muatan 6.000 MT konsentrat bijih besi juga dengan tujuan Morewali Sulawesi berlabuh di pelabuhan Teluk Bayur sejak 1 Maret 2021 lalu.

Baca Juga

Persoalan tertahannya kedua kapal pengangkut bijih besi di Pelabuhan Teluk Bayur tersebut saat dikonfirmasi wartawan kepada Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral Sumbar, Herry Martinus menyebutkan pihaknya mengaku tidak mengurus pertambangan.

"Kewenangan Pertambangan sudah ditarik ke pusat yakni Dirjen Minerba sejak 10 Desember 2020 lalu. Itu kewenangan Dirjen Minerba, silakan hubungi Dirjen bersangkutan tentang persoalan tersebut," ujar dia, senin (15/3).

Sementara itu dihubungi terpisah, Koordinator Inspektur Tambang Kementerian ESDM penempatan di Sumbar, Hendri M Sidik menyebut tidak tahu ada dua kapal yang membawa bijih besi tertahan berlayar.

"Belum dapat informasi soal tersebut, tapi yang lebih tahu, tentunya kawan-kawan di Pelabuhan Teluk Bayur, kapal milik siapa, yang punya barang siapa," Hendri.

"Saya akan cari informasi, tentang pastinya soal kapal tersebut. Tunggu aja dulu ya," sebut dia saat dihubungi malam tadi.

Di sisi lain, Humas Pelindo II Cabang Teluk Bayur, Ribut Heru Santoso menyatakan tidak dapat informasi soal dua kapal bawa bijih besi yang tertahan di Pelabuhan Teluk Bayur.

"Saat ini tidak dapat informasi pasti soal kapal tertahan berlayar ke daerah tujuan," ungkap Ribut yang menyebut dirinya sedang cuti.

Komentar