KPU Kota Padang Sadar UU Keterbukaan Publik

Metro-198 hit 17-03-2021 21:16
Komisioner KPU Padang Atika Triana serahkan laporan layanan keterbukaan informasi kepada Ketua KI Sumbar Nofal Wiska, Rabu siang (17/3). (Dok : Istimewa)
Komisioner KPU Padang Atika Triana serahkan laporan layanan keterbukaan informasi kepada Ketua KI Sumbar Nofal Wiska, Rabu siang (17/3). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Sadar dengan keterbukaan informasi, KPU Kota Padang selaku lembaga publik terus memperbaiki pola kerjanya agar terbuka dalam informasi publik terlaksana.

Komitmen ini ditunjukkan KPU Kota Padang ini dengan menyerahkan laporan layanan keterbukaan informasinya kepada Komisi Informasi (KI) Sumbar, di Padang, Rabu siang (17/3).

"Penyerahan laporan layanan ini menunjukkan KPU Padang berkomitmen ingin terbuka bagi publik. Ini sekaligus upaya kami untuk terus berbenah dalam memberikan layanan informasi kepada masyarakat," kata Komisioner KPU Padang, Atika Triana di dampingi Kasubag Teknis dan Parmas, Rino Sutrisno dan staf KPU Sandra kepada Ketua KI Sumbar Nofal Wiska didampingi komisioner Tanti Endang Lestari.

Baca Juga

Dia menyebut, pihak KPU Padang terus melakukan inovasi dan kreativitas untuk penyebaran informasi kepada masyarakat, karena dia meyakini, makin terbuka maka tingkat kepercayaan publik makin tinggi.

Menyinggung laporan layanan keterbukaan informasi yang diserahkan hari itu, Atika menyebutkan format laporan yang dibuat lembaganya sudah disesuaikan dengan masukan dari KI Sumbar.

Makanya, dengan laporan yang sudah diserahkan KPU Padang itu, dirinya merasa optimistis bakal memperoleh predikat informatif 2021 dari KI Sumbar dan bisa menjadikan KPU Padang sebagai instansi terbaik antar KPU di Sumbar dalam pelayanan informasi.

Tanggapan Ketua KI Sumbar, Nofal Wiska cukup mengapresiasi langkah KPU Padang yang terus melakukan perbaikan tata kelola layanan informasi.

"Ini yang kami harapkan dari badan publik, setiap saat melakukan upaya perbaikan layanan informasi karena penyebarluasan informasi adalah kewajiban badan publik," jelas Nofal Wiska.

Sedangkan Komisioner KI Sumbar Tanti Endang Lestari menilai komitmen KPU Padang ini akan di-support penuh oleh KI Sumbar.

"Tujuan monitoring dan evaluasi badan publik termasuk ke KPU adalah memberikan masukan, KI Sumbar siap melakukan asistensi ke KPU Padang dan badan publik lainnya," kata Tanti.

Komentar