Rusak Ventilasi, Delapan Napi Rutan Muaro Labuh Kabur

Metro-487 hit 01-05-2021 14:44
Ilustrasi Napi kabur dari Lapas. (Dok : Istimewa)
Ilustrasi Napi kabur dari Lapas. (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Delapan orang narapidana rumah tahanan klas II.B Muaro Labuh Kabupaten Solok Selatan kabur pada Kamis (29/4), di saat napi dan petugas sedang menunaikan salat Isya dan Tarawih.

Kaburnya delapan oran Napi itu dibenarkan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI Sumbar, Andika Dwi Prasetya kepada media di Padang, Jumat (30/4).

"Dari laporan, Napi kabur merusak ventilasi dalam sel kamar tahanan, disaat warga binaan dan petugas menunaikan sholat," kata Andika Dwi Prasetya.

Delapan orang Napi tersebut bernama Suriadi Kabailangan (32), Efwazan (50), Nasli Dedi (43), Irwansyah (36), Samsul Bahri (35), Nasrul (51), Yuhelma (34) dan Mul Candra (41). Menurut dia, Rutan kelas II B Muaro Labuh kerjasama serta koordinasi dengan kepolisian untuk menangkap delapan orang Napi yang kabur tersebut.

"Saya telah memerintahkan kepala divisi pemasyarakatan (Kadivpas) Kemenkumham Sumbar untuk menangkap Napi yang kabur serta memperkuat pengamanan di Lapas tersebut guna antisipasi kejadian kabur tahanan lain," ujar dia.

Delapan Napi yang kabur tersebut tersangkut berbagai kasus diantaranya kasus narkoba dan pencurian. Rata-rata hukuman ada delapan tahun bahkan ada seumur hidup.

"Bila mereka tertangkap dipastikan hukuman bertambah dan dipindahkan ke daerah lain, bisa juga ke nusakambangan," tegas Andika.

Komentar