Program Pemko Pariaman Diapresiasi Gubernur Sumbar

Metro-53 hit 06-05-2021 16:47
Gubernur Sumbar Mahyeldi disambut Wali Kota Pariaman Genius Umar saat melakukan Safari Ramadan di Masjid Raya Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman, Minggu (2/5) malam.  (Dok :Istimewa)
Gubernur Sumbar Mahyeldi disambut Wali Kota Pariaman Genius Umar saat melakukan Safari Ramadan di Masjid Raya Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman, Minggu (2/5) malam. (Dok :Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Wali Kota Pariaman, Genuis Umar memaparkan sejumlah program andalan kota itu kepada Tim Safari Ramadan Pemprov Sumbar yang dipimpin Gubernur Mahyeldi yang mengunjungi Masjid Raya Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman, Minggu (2/5) malam.

Dalam kesempatan itu, Genius menyampaikan Pemko Pariaman memiliki program yakni pendidikan gratis SD, SMP hingga SMA. Kemudian, Pemko Pariaman juga mempunyai program unggulan Satu Keluarga Satu Sarjana (SAGA SAJA) untuk keluarga miskin di kota itu.

"Untuk program SAGA SAJA, kami melakukan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi dan Politeknik di seluruh Indonesia, dengan kuota pertahunnya sekitar 100 orang anak," ujarnya.

Baca Juga

Targetnya, tutur Genius adalah bagaimana anak-anak ini setelah mereka tamat diharapkan dapat membantu keluarganya keluar dari rantai kemiskinan.

Genius kemudian melanjutkan, Pemko Pariaman juga punya program revitalisasi Pasar Rakyat Pariaman yang baru saja selesai dibangun dan diresmikan langsung oleh Wakil Presiden RI, Maaruf Amin pada bulan lalu.

Kemudian juga program di bidang Pariwisata dengan pengembangan Water Front City sepanjang pantai Pariaman dan sungai-sungai akan ditata, dan ini juga untuk mendukung sektor Pariwisata dan ekonomi masyarakat sehingga PDRB di Kota Pariaman akan makin meningkat.

"Sedangkan dalam situasi pandemi ini, kita semua harus tetap patuh prokes, terlebih dengan adanya kasus baru yang melanda negara india dimana tiap harinya kasus Covid-19 di negara itu ratusan ribu kasus dan ini tentu jadi pelajaran bagi kita," tukas Genius.

Sementara Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada Pemko Pariaman dibawah kepemimpinan Wali Kota Genius Umar dan Wakil Wali Kota Mardison Mahyuddin yang telah mengubah Kota Pariaman menjadi kota beragam, budaya dan pariwisatanya.

"Kota Pariaman belakangan ini menjadi salah satu kota pilihan bagi masyarakat Sumbar karena memiliki banyak spot wisata yang bisa dikunjungi seperti wisata pantai dan pulau serta kuliner khas yang begitu lezat. Kemudian program pengembangan water front city seperti Talao Pauh Pariaman sangat besar dampaknya bagi perekonomian masyarakat sekitar," kata Mahyeldi.

Dirinya juga menyebutkan berbagai program unggulan Pemko Pariaman dalam meningkatkan kualitas pendidikan di daerahnya seperti halnya pendidikan sekolah gratis 12 tahun, program SAGA SAJA, program kesehatan gratis dinilai cukup baik serta memberi manfaat besar bagi masyarakat.

Pada kesempatan ini TSR Pemprov Sumbar memberikan bantuan untuk pengurus Mesjid Raya Taluak, Kota Pariaman ini sebesar Rp.20 Juta, yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi kepada pengurus Masjid Raya Taluak, Jimi dan disaksikan oleh Genius Umar, Mardison Mahyuddin dan lainnya yang hadir pada malam itu.

Komentar