Arah Kiblat di Halaman Balaikota Pariaman Diukur

Metro-206 hit 12-05-2021 00:45
Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pariaman melakukan pengukuran arah kiblat di Halaman Balaikota Pariaman, Selasa (11/5). (Dok : Istimewa)
Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pariaman melakukan pengukuran arah kiblat di Halaman Balaikota Pariaman, Selasa (11/5). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Pariaman melalui Panitia Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Kota Pariaman melakukan pengukuran arah kiblat di Halaman Balaikota Pariaman, Selasa (11/5).

Ini berkaitan dengan akan dilaksanakannya salat Idul Fitri 1442 H/2021 Masehi, dimana pada pelaksanaan salat Ied nanti, Pemko Pariaman menerapkan protocol kesehatan (Prokes) dengan ketat, d

Sesuai yang telah disepakati dalam rapat Persiapan Akhir Pelaksanaan Takbiran dan Shalat Idul Fitri tahun 2021/1442 H yang adakan pemko bersama Forkopimda kota setempat di Ruang Rapat Wali Kota Pariaman, Senin (10/5) kemarin.

Dalam pengukuran arah kiblat tersebut dipimpin oleh Kasi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kemenag Kota Pariaman, Syaiful Azhar didampingi Bagian Kesra Setko Pariaman.

"Karena Kota Pariaman saat ini berada pada zona kuning kasus Covid-19, maka masyarakat diperbolehkan untuk melaksanakan salat Ied berjamaah di masjid-masjid dan Halaman Balaikota Pariaman, yang Inn Syaa Allah akan dilakukan Kamis (13/5)," ungkap Syaiful Azhar.

Sementara di masa pandemi Covid-19 ini, sebut Syaiful, sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Agama Nomor 4 Tahun 2021, maka salat Ied di lapangan boleh dilaksanakan apabila berada pada zona kuning dan hijau, dengan catatan kapasitas yang diisi adalah 50 persen dari kapasitas lapangan.

"Sedangkan lapangan yang dipakai nantinya merupakan halaman balaikota yang didalam pagar saja, di luar pagar tidak dibenarkan," tukas Syaiful lagi.

Dalam pelaksanaan salat nanti, sebut dia, menerapkan prokes yang ketat, dan pada pintu gerbang masuk halaman balaikota dipantau langsung petugas yang telah ditugaskan.

Ia juga mengimbau, bagi masyarakat yang mau ikut salat Ied berjamaah di halaman Balaikota Pariaman agar datang lebih awal, dan apabila shaf yang ditentukan telah penuh maka petugas akan mengalihkan jamaah ke masjid-masjid terdekat.

Adapun yang bertindak selaku Khatib adalah Dr Sukmurdianto, dan Imam adalah Zahardi.

Sedangkan untuk malam Takbiran, yakni Rabu malam (12/5), dilaksanakan secara terbatas bertempat di lobi Balaikota Pariaman yang dihadiri oleh OPD tertentu saja yang juga menerapkan Prokes yang ketat. (*)

Komentar