DPRD Padang Bakal Adopsi Konsep Pendidikan Kota Pariaman

Metro-54 hit 20-05-2021 09:09
Rombongan Komisi IV DPRD Padang saat lakukan kunjungan ke Dinas Dikpora Kota Pariaman, Rabu (19/5). (Dok: Istimewa)
Rombongan Komisi IV DPRD Padang saat lakukan kunjungan ke Dinas Dikpora Kota Pariaman, Rabu (19/5). (Dok: Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Tata kelola pendidikan Kota Pariaman jadi contoh bagi DPRD Kota Padang, Ini terlihat dengan berkunjungnya Komisi IV DPRD Padang ke kota "Tabuik" pada Rabu siang (19/5).

Tujuan kedatangan Komisi IV DPRD Padang yang diketuai Azwar Siri bersama rombongan itu untuk mendapatkan informasi teknis tentang tata cara pengelolaan di bidang pendidikan yang ada di Kota Pariaman ini.

Informasi yang dibutuhkan Azwar Siri bersama rombongan terkait program Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja) yang note benenya menjadi program unggulan Kota Pariaman.

Baca Juga

Selain itu juga ingin mendapatkan pola aplikasi KPP (Kartu Pariaman Pintar), BKK (Bantuan Keuangan Khusus) untuk siswa SMA/SMK, program sertifikasi guru pendamping muda, penerapan PPDB online berbasis zonasi serta pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada masa pandemi.

"Kota Pariaman sejak lama telah mempunyai program wajib belajar gratis 12 tahun, yang dimulai dari SD sampai SMA. Ini juga ditunjang dengan operasional sembilan unit bus sekolah yang juga gratis.

Kemudian ada juga program Saga Saja, KPP, dan lainnya," ujar Kepala Dinas Dikpora Kota Pariaman, Kanderi ketika menerima kunjungan itu.

Selain itu, Kanderi juga mengapresiasi kunjungan Komisi IV DPRD Padang itu, dan merasa terkesan atas kedatangan rombongan tersebut.

"Kami juga menyambut baik atas silaturahmi yang dijalin Komisi IV ini ke Dinas Dikpora, semoga apa yang kami berikan dan lakukan selama ini, dapat diimplementasikan nantinya untuk Kota Padang," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Padang, Azwar Siri mengatakan program unggulan pendidikan di Kota Pariaman membuktikan tingkat kepedulian yang tinggi dari kepala daerahnya sebagai pembuat kebijakan.

"Kami menyadari komitmen Wali Kota Pariaman, Pak Genius Umar sangat tinggi untuk masyarakatnya, khusus di bidang pendidikan sehingga kami menganggap Kota Pariaman saat ini sangat maju dalam bidang pendidikan," tukasnya.

Dari paparan yang didapat dari kadis, sebut Azwar Siri, program unggulan tersebut menjadikan Kota Pariaman sebagai kota yang peduli dengan anak-anak, remaja dan pemuda. Ini menjadikan pendidikan di kota ini sebagai pengungkit bagi keluarga mereka untuk lepas dari kemiskinan. (*)

Komentar