Pariaman Timur Bidik Predikat Kecamatan Statistik di Sumbar

Metro-83 hit 23-05-2021 16:58
Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman, Hendri saat beri penjelasan seputar desa/kecamatan statistik di aula pertemuan Kantor Camat Pariaman Timur, Jumat (21/5).
Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman, Hendri saat beri penjelasan seputar desa/kecamatan statistik di aula pertemuan Kantor Camat Pariaman Timur, Jumat (21/5).

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Kecamatan Pariaman Timur, Kota Pariaman akan dijadikan sebagai kecamatan statistik yang ada di Sumbar. Alasan dijadikannya sebagai kecamatan statistic karena semua infrastruktur sudah tersedia, dan beberapa aplikasi yang memakai teknologi juga sudah diaplikasikan di kecamatan tersebut.

Hal ini dikemukakan Kepala Dinas Kominfo Kota Pariaman, Hendri kepada sejumlah perangkat kecamatan dan desa dalam sosialisasi pembentukan nagari/desa/kelurahan statistik Kota Pariaman 2021 yang digelar di aula pertemuan Kantor Camat Pariaman Timur, Jumat (21/5).

"Pemko akan menjadikan Kecamatan Pariaman Timur sebagai wakilnya untuk mengikuti penilaian kecamatan statistik yang diadakan Pemprov Sumbar. Soalnya kami melihat progress soal administrasi dan hal lainnya di kecamatan ini sudah cukup bagus yang sudah dimulai dari tingkat desa," kata Hendri.

Baca Juga

Hendri menilai, dipilihnya Kecamatan Pariaman mengikuti penilaian kecamatan statistik se Sumbar, karena kecamatan itu mampu bertransformasi dari sistem konvensional menjadi data yang berbasis teknologi informasi.

"Artinya, para kepala desa di kecamatan ini telah bisa mengakses semua potensi yang ada di desa melalui sistem digitalisasi. Apabila kemajuan zaman ini tidak ikuti, maka dearah akan tertinggal dari yang lainnya," ujarnya lagi.

Masih menurut Hendri, pencanangan desa atau kecamatan statistik ini sangat penting dalam meletakan pondasi mewujudkan satu data Indonesia, karena tidak mungkin hal tersebut bisa terwujud jika wilayah-wilayah administrasi di dalamnya masih belum sadar data.

"Jadi untuk mewujudkan semua itu dimulai dari yang terkecil dulu yaitu pembentukan desa dan kecamatan statistik," tukasnya lagi.

Hendri berharap, kehadiran Kecamatan Pariaman Timur bisa menjadi proyek percontohan kecamatan statistik di Sumbar, dan kalau bisa hal ini juga akan mewujudkan Kota Pariaman menjadi Kota Statistik di Sumbar.

"Soalnya jumlah kecamatan di kota ini ada empat, dengan jumlah desa 71, cukup memungkinkan Kota Pariaman menjadi Kota Statistik pertama di Sumbar bahkan di Indonesia, "kata Hendri.

Turut hadir dalam sosialisasi itu antara lain Kepala Dinas Kominfo Sumbar diwakili Kabid Layanan Kominfo/Statistik Sektoral, Oni Fajar Syahdi, bersama rombongan, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pariaman Yuliandri, Kabid Statistik dan Persandian Diskominfo Pariaman, Eka Putra Pernanda, Camat Pariaman Timur, M Arif Gunawan, dan lainnya.

Komentar