Genius Umar Temui Menteri Pertanian

Metro-75 hit 25-05-2021 17:24
Wali Kota Pariaman, Genius Umar didampingi Anggota DPR RI Andre Rosiade menemui Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terkait program petani millenial dan mubaligh bertani, Selasa (25/5). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Pariaman, Genius Umar didampingi Anggota DPR RI Andre Rosiade menemui Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo terkait program petani millenial dan mubaligh bertani, Selasa (25/5). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Lahan pertanian yang selama ini tidak atau belum termanfaakan yang ada di Kota Pariaman akan diproduktifkan lagi, karena lahan-lahan itu akan dijadikan program strategis petani millenial dan mubaligh bertani oleh pemko setempat.

Keinginan Pemko Pariaman memproduktifkan lagi lahan seperti itu dikemukan Wali Kota Genius Umar langsung kepada Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, di kantor kementerian itu, Jakarta Selasa (25/5).

Difasilitasi Anggota DPR RI Andre Rosiade, wali kota ini menghadap menteri untuk menerangkan program strategis petani millenial dan mubaligh bertani yang akan dibuat Pemko Pariaman dengan manfaatkan lahan-lahan pertanian yang belum termanfaatkan menjadi lahan produktif lagi.

Baca Juga

Melalui Kementerian Pertanian ini, Genius berharap pemerintah pusat dapat mewujudkan program strategis yang dibuat kotanya.

Penjelasan Genius Umar, saat bertemu dengan Menteri Syahrul Yasin Limpo, dirinya menyampaikan isu strategis yang ada di Kota Pariaman, diantaranya petani milenial melalui zero lahan tidur, mubalig bertani, pembukaan lahan sawah serta irigasi dan sarana prasaran, pembangunan embung air irigasi, pembangunan rumah potong hewan (RPH).

"Kami sedang menggalakkan produktifkan lahan tidur lewat program Zerro Lahan Tidur di Pariaman pak menteri, hebatnya yang mengerjakan adalah anak millenial dan mubaligh, " tutur Genius Umar kepada Syahrul Yasin Limpo saat itu di ruang kerja menteri.

Lahan tidur di Kota Pariaman, sambung Genius, nantinya akan ditanami jangung dan bawang, karena sektor ini memiliki waktu panen yang tidak cukup lama, dan mampu meningkatkan nilai ekonomi keluarga.

Selain itu, lanjutnya, Kota Pariaman juga melakukan percepatan sektor pertanian, karena pandemi Covid-19, maka ketahanan pangan masyarakat harus kuat.

"Agar nantinya masyarakat Kota Pariaman semakin sejahtera dengan digalakkannya program ini," harap Genius meyakinkan pak menteri ini.

Dalam kesempatan yang sama, anggota DPR RI Andre Rosiade mengaku salut dengan Wali Kota Pariaman Genius Umar yang selalu penuh ide dan sampaikan usulan langsung melalui proposal saat bertemu Menteri Syahrul Yasin Limpo.

"Saya kenal betul semangatnya Pak Genius, dan sangat siap untuk bertemu dengan pak menteri. Ada beberapa proposal terkait pembanguan pertanian, disampaikan Pak Genius ke pak Syahrul Yasin pada pertemuan tadi," ujar Andre Rosiade.

Dari pertemuan itu, banyak pihak yang merespon program yang dibuat Genius Umar, diantaranya dirjen dan para direktur di Kementrian Pertanian itu.

Komentar