Eka Putra Perintahkan Audit Biaya Perawatan Kapal

Metro-76 hit 27-05-2021 17:02
Bupati Tanahdatar, Eka Putra saat meninjau keberadaan Kapal BA Ombilin di Danau Singkarak, Kamis (27/5). (Dok : Istimewa)
Bupati Tanahdatar, Eka Putra saat meninjau keberadaan Kapal BA Ombilin di Danau Singkarak, Kamis (27/5). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Tanahdatar, Arunala - Pemkab Tanahdatar akan mengaudit secara menyeluruh biaya perawatan Kapal BA Ombilin yang kandas di Tapian Bonjo, Nagari Batu Taba, Batipuh Selatan, karena rusak.

Perintah mengaudit biaya perawatan kapal itu dikeluarkan Bupati Tanahdatar, Eka Putra saat meninjau keberadaan kapal tersebut bersama Wakil Bupati Richi Aprian, Kadis Perhubungan Hardian Fikri, Camat Batipuh Selatan, Heru Rahman, serta Wali Nagari Batu Taba Desriyanto, Kamis (27/5).

"Kapal ini merupakan aset Kementerian, namun infonya ada biaya pemeliharaan. Karena kami baru, kami minta diaudit biaya pemeliharaan selama ini," kata Eka Putra saat itu.

Kebijakan ini dia sampaikan setelah mendengarkan paparan Kadishub Tanahdatar, Hardian Fikri tentang sejarah dan status kapal tersebut. Hardian menerangkan, kapal tersebut sudah ada di Danau Singkarak sejak 2012 lalu.

Kapal tersebut merupakan aset Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), namun biaya pemeliharaan dibebankan kepada Pemkab Tanahdatar.

"Kapal ini pernah dua kali mengalami kecelakaan, dan tenggelam. Yaitu tahun 2013 dan 2017," kata Hardian lagi.

Dia juga memaparkan pihak Dishub Tanahdatar sempat membuat surat kepada KKP untuk mengembalikan kapal tersebut. Karena kapal ini dianggap tidak sesuai untuk danau, sementara biaya pemeliharaannya sangat tinggi.

Namun, sambung Hardian, pihak kementerian berpijak dari surat sebelumnya bahwa Pemkab Tanahdatar bersedia menerima kapal tersebut.

"Jadi, sejak tahun 2020 Dishub Tanahdatar tidak lagi menganggarkan biaya perawatannya," sebutnya.

Sebelumnya, kandasnya kapal BA Ombilin ini viral di sosial media (medsos). Grup-grup WA dan facebook masyarakat Tanahdatar membicarakan hal tersebut.

Mendapat informasi dari medsos itu, Eka Putra mengucapkan terimakasih kepada pegiat sosial media yang memberikan informasi-informasi penting kepada pemerintah daerah.

"Dari yang tadinya tidak tahu, kami jadi tahu. Jadi kami berterimakasih kepada netizen," ujar Eka Putra. (*)

Komentar