Tak Patuh Prokes, Puluhan Orang Disanksi

Metro-39 hit 02-05-2021 10:23
Satgas Covid-19 Kota Pariaman lakukan razia prokes di sejumlah tempat di kota itu Sabtu malam (1/5). (Dok : Istimewa)
Satgas Covid-19 Kota Pariaman lakukan razia prokes di sejumlah tempat di kota itu Sabtu malam (1/5). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Pasca pengesahan Perda No.6/2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dalam masa pandemi Covid-19 di Sumbar, Pemko Pariaman kemudian menindaklanjutinya dengan menggelar razia terkait perda tersebut, Sabtu malam (1/5).

Buktinya dari razia yang dilakukan Tim Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Pariaman di depan balai kota setempat dan beberapa cafe yang ada di kota itu, puluhan pelanggar protokol kesehatan (Prokes) terjaring.

"Memang benar ada puluhan pelanggar yang kami tindak terkait penerapan prokes di kota ini. pada mereka itu kami beri sanksi. Tiga hari sebelumnya kami telah mensosialisasikan penerapan Perda AKB itu pada masyarakat kota," kata Sekretaris Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Pariaman, Murfida.

Dalam pelaksanaan razia saat itu, Murfida menerangkan, selain pengendara ranmor, razia juga menyasar sejumlah cafe dan rumah makan yang ditenggarai menjadi tempat berkumpulnya orang.

"Nyatanya saat razia digelar kebanyakan dari pengunjung tempat itu tidak mematuhi aturan prokes. Tentu bagi mereka yang tidak mematuhi prokes kami tindak," ujarnya.

Terkiat sanksi yang diberikan pada pelanggara perda, Murfida menyebut ada yang di denda dan ada yang disuruh kerja sosial dengan memakai rompi bertuliskan pelanggaran prokes.

Sedangkan bagi pelaku usaha diberikan teguran pertama dan apabila tetap melanggar lebih dua kali, maka kemungkinan usaha mereka bisa ditutup.

Mendapati sudah diberlakukannya sanksi bagi pelanggar prokes, Murfida mengimbau masyarakat untuk bisa mematuhi Perda AKB tersebut.

Hal ini bertujuan untuk menghambat penyebaran Covid-19 di Kota Pariaman. Sakarang kota ini kembali pada zona kuning setelah sebelumnya sempat berada di zona orange," kata Murfida.

Komentar