Insannul Kamil Resmi Tutup Pilmapres Unand 2021

Edukasi-167 hit 03-06-2021 14:55
Para pemenang bersama Warek III Unand Insannul Kamil setelah pengumuman pemenang Pilmapres Unand 2021, Kamis (3/6). (Foto : Arzil)
Para pemenang bersama Warek III Unand Insannul Kamil setelah pengumuman pemenang Pilmapres Unand 2021, Kamis (3/6). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Pelaksanaan pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) 2021 untuk fakultas di Universitas Andalas (Unand) Padang resmi berakhir.

Ini ditandai dengan penetapan dan penyerahan hadiah bagi pemenang yang diserahkan langsung Wakil Rektor III Unand bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Ir Insannul Kamil PhD IPM ASEAN Eng di gedung Kemahasiswaan dan Alumni Unand Kampus Limau Manis, Padang, Kamis siang (3/6).

Dalamm pemilihan itu, mahasiswa Unand Fakultas Kedokteran bernama Refa Rahmaddiansyah terpilih sebagai terbaik I, disusul oleh Nadhifah Akbari Habibie dari Fakultas Ekonomi sebagai terbaik II diraih Nadhifah Akbari Habibie dari Fakultas Ekonomi, dan terbaik III yakni Hasbi dari Fakultas Farmasi.

Baca Juga

Ketua pelaksana Pilmapres Unand 2021, Haiyyu Darman Moenir S,IP M.Si menyebutkan pemilihan itu dilakukan secara berjenjang. Pemilihan itu dimulai dari jurusan, naik ke tingkat fakultas.

"Tepatnya kami memulai kegiatan Pilmapres itu pada 25 Mei 2021 lalu. Peserta yang ikuti sebanyak 12 orang utusan 12 fakultas pula. Mereka itu merupakan mahasiswa berprestasi di fakultasnya, kemudian dipilih satu diantara peserta itu untuk jadi wakil Unand pada ajang Pilmapres Nasional 2021 ini," kata Haiyyu kepada Arunala.com seusai penetapan pemenang.

Dalam pemilihan itu, lanjut Haiyyu, panitia menghadirkan tujuh orang juri dari berbagai fakultas yang ada di Unand.

"Para juri yang kami pilih adalah dosen dengan kriteria miliki kompetensi di bidang masing-masing," ujar Haiyyu menambahkan.

Sedangkan indikator penilaiannya, terang Haiyyu ada tiga poin, yakni penilaian menyangkut portofolio tentang prestasi mahasiswa selama kuliah di Unand.

Selanjutnya, penilaian tentang pembuatan naskah gagasan kreatif berupa pembuatan makalah peserta pilmapres ini.

"Poin penting yang dilihat dari makalah yang dibuat peserta itu adalah keaslian idenya, bukan mencontoh makalah orang lain. Sedangkan poin penilaian terakhir bagi peserta adalah menyangkut kemampuan bahasa Inggris peserta," kata Haiyyu Darman Moenir.

Komentar