Pariaman Pertahankan Posisi Terbaik di Sumbar

Metro-44 hit 06-06-2021 14:49
Tabel Indikator Kesmas (Kesehatan Masyarakat) kabupaten dan kota di Sumbar hingga 5 Juni 2021. (Dok : Istimewa)
Tabel Indikator Kesmas (Kesehatan Masyarakat) kabupaten dan kota di Sumbar hingga 5 Juni 2021. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman Pertahakankan Posisi Terbaik di Sumbar

Pariaman, Arunala -- Kota Pariaman dapat apresiasi dati Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Sumbar karena empat minggu berturut-turut karena bisa menangani penyebaran Covid-19, sehingga kota ini dinilai mampu mempertahankan skor terbaik soal penanganan Covid-19 di Sumbar.

Meski demikan, Wali Kota Pariaman, Genius Umar justru menyampaikan capaian yang didapat kotanya itu bukan kerjanya pemko saja, hasil yang didapat kota tersebut juga merupakan kerja keras Satgas Covid-19 Kota Pariaman dan pihak lainnya.

"Pemko Pariaman terus berkomitmen menekan penyebaran Covid-19 baik melalui tracking dan tarshing, serta memberikan stimulus kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 sejak 2020 lalu baik bantuan langsung tunai maupun non tunai," kata Genius Umar di Pariaman, Minggu (6/6).

Soalnya, terang Genius, sejak 2020 lalu kota yang dipimpinya itu sudah berkomitmen memprioritaskan upaya menekan penyebaran virus Covid-19 sebagai program kerja di masa kepemimpinannya di Kota Pariaman itu.

"Walaupun Pariaman sudah terbaik di Sumbar dalam penanganan Covid-19, kami (pemko, red) juga harus membantu masyarakat yang ekonominya terpuruk, karena itu dengan dibukanya destinasi wisata yang ada di Kota Pariaman, kami berharap dapat meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi Kota Pariaman," terangnya lagi.

Lebih lanjut Genius menuturkan, selama libur lebaran 2021 lalu, jumlah PAD yang berhasil didapat Kota Pariaman mencapai Rp300 juta lebih. Pemasokan itu diperoleh dari tiket masuk ke objek wisata yang ada di kota ini, sehingga peningkatan laju pertumbuhan ekonomi di Kota Pariaman mencapai 2,9 persen.

Genius berharap agar tidak menggedorkan semangat dalam memerangi Covid-19, tetap selalu menjaga protokol kesehatan (Prokes), dan Tim Satgas Covid-19 Kota Pariaman akan selalu melakukan razia rutin di pusat-pusat keramaian, pasar, objek wisata dan cafe-cafe yang tersebar di kota itu.

Dalam update indikator Kesmas (Kesehatan Masyarakat) kabupaten dan kota yang dirilis Satgas Covid-19 Sumbar hingga 5 Juni 2021 lalu, menunjukkan hanya dua daerah yang berada di zona kuning atau risiko rendah, yaitu Kota Pariaman dan Kabupaten Mentawai sedangkan 17 kabupaten kota lainnya di Sumbar berada di zona orange atau risiko sedang.

Komentar