Pariaman Bakal Gelar Pariaman Festival 2021

Wisata- 07-01-2021 14:43
Finalisasi Rakor Iven Pariwisata Pariaman Bakal Gelar Pariaman Festival 2021
Finalisasi Rakor Iven Pariwisata Pariaman Bakal Gelar Pariaman Festival 2021

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Rapat kordinasi tentang finalisasi Pariaman Festival 2021, dibuka secara Wali Kota Pariaman, Genius Umar. Rapat tersebut digelar Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) kota setempat di ruang rapat wali kota, Kamis (7/1).

Kepala Disparbud Pariaman, Dwi Marhen Yono melaporkan rakor ini untuk menggerakkan kembali iven-iven wisata Kota Pariaman yang sempat terhenti karena pandemi Covid-19.

"Walaupun pandemi Covid-19 masih ada, namun di tahun 2021 ini kami akan adakan berbagai iven wisata yang menjadi andalan Kota Pariaman, serta membangkitkan kembali ekonomi masyarakat kota ini yang sempat terganggu akibat Covid-19," sebut Marhen.

Baca Juga

Hal ini dibenarkan Genius Umar yang menyebutkan Pariaman adalah kota tujuan wisata, walaupun di tahun 2020kegiatan wisatanya sempat terhenti akibat pandemi, namun di 2021 ini Pemko Pariaman akan coba laksanakan kembali berbagai iven wisata agar ekonomi masyarakat kembali menggeliat dan bisa meningkatkan PAD Pariaman.

"Saat ini Pariaman memiliki keterbatasan anggaran sejak DAU dan DAK berkurang dari pusat karena pandemi, dan juga PAD kota juga ikut berkurang, sehingga APBD daerah menurun. Bukan hanya Kota Pariaman saja, kondisi yang sama juga dirasakan seluruh daerah di Indonesia terdampak ekonominya akibat pandemi ini," ungkap Genius lagi.

Guna membangkitkan kembali ekonomi yang sempat terpuruk ini, Genius meminta masing-masing OPD, camat, komunitas seni, komunitas olahraga untuk ikut berkontribusi dalam bentuk kegiatan yang bisa diangkat menjadi salah satu kegiatan wisata tahunan.

"Minimal satu kegiatan, sehingga bisa meningkatkan kembali ekonomi dan mensejahterakan masyarakat Kota Pariaman," jelasnya.

Dia berharap saat meresmikan pentas seni yang ada di pantai kata pada 23 Januari 2021 nanti, sudah bisa di-launching dan dipromosikan keluar daerah oleh Disparbud dan Asisten I, seperti ke Pekanbaru, Jambi, Bengkulu, dan daerah lainnya.

"Pesan saya, setiap kegiatan yang diadakan selalu patuhi protokol kesehatan (Prokes), karena tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir, dan semoga kegiatan ini direstui Allah SWT, sehingga dapat berjalan lancar dan terhindar dari Covid-19," pungkas Genius Umar.

Komentar