Pariaman Siapkan Program Unggulan

Metro- 09-03-2021 16:42
Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat mengikuti rakorenbang 2022 se Sumbar bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Selasa (9/3). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat mengikuti rakorenbang 2022 se Sumbar bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar, Selasa (9/3). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala -- Wali Kota Pariaman, Genius Umar sampaikan usulan pembangunan Kota Pariaman melalui RAPBD Sumbar tahun 2022 kepada Gubernur Sumbar, Mahyeldi dalam rapat koordinasi perencanaan pembangunan (Rakorenbang) se Sumbar 2021 di auditorium Gubernuran, Padang, Selasa (9/3).

Mahyeldi yang memimpin rakor tersebut didampingi Wakil Gubernur, Audi Joinaldy dan Kepala Bappeda Sumbar, Hansastri, dan dijadwalkan rakor berlangsung secara maraton selama tiga hari lamanya.

Pada hari kedua Rakorbang ini, enam daerah mempresentasikan usulan-usulan pembangunannya. Diawali dengan Kota Pariaman, Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kabupaten Pesisir Selatan. Dilanjutkan Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Solok, dan Kota Solok.

Baca Juga

Masing-masing kepala daerah tersebut diminta untuk menyampaikan usulan yang mendukung visi misi dan program unggulan serta menjadi prioritas di daerah masing-masing.

Wali Kota Pariaman, Genius Umar dalam kesempatan itu menyampaikan ada beberapa program unggulan yang di usulkan untuk pembangunan Kota Pariaman melalui RAPBD Sumbar 2022.

Genius memaparkan program unggukan untuk 2022 itu antara lain di bidang pendidikan dan kesehatan yakni pendidikan gratis bagi SMK/SMA Negeri se-Kota Pariaman, program Satu Keluarga Satu Sarjana (Sagasaja), Kartu Pariaman Pintar (KPP), dan program kesehatan gratis.

"Untuk bidang keagamaan dan kebudayaan seperti pembangunan pusat pendidikan Al quran, program Magrib Mengaji dan Manunggal Subuh Indah Penuh Berkah (Masih Puber), pengembangan pendidikan agama non formal MDA, MDW, dan MDU, serta penetapan dan pelestarian cagar budaya di Kota Pariaman," ungkap Genius.

Sementara itu, lanjut dia, untuk bidang pertanian ialah : Program Pemanfaatan Lahan Terlantar, Pembangunan/Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier, Bantuan Modernisasi Alat Mesin Pertanian, Bantuan Modernisasi Alat Tangkap nelayan, Pembangunan Pasar Ikan Higienis, Peningkatan Produksi dan Produktivitas Komoditi Pertanian, Satu Rumah Satu Kolam dan Mubaligh Bertani.

Genius menambahkan, untuk bidang Perdagangan dan UMKM ialah : Bantuan Wirausaha Milenial, Bantuan Pemasaran Produk UMKM, Fasilitasi pengelolaan sarana distribusi perdagangan, Pelaksanaan promosi penggunaan produk dalam negeri di tingkat Kabupaten/Kota, Kesempatan Kerja Untuk Keluarga Miskin.

"Sedangkan di bidang pariwisata dan budaya, lanjut Genius, perlunya tindak lanjut MOU Provinsi dengan Kota Pariaman terkait Pengembangan Destinasi Wisata Pulau Tangah (dengan dana sharing 60 persen provinsi dan Kota Pariaman 40 persen)," jelas Genius

Disamping itu, imbuhnya, pembangunan kawasan wisata Batang Mangau (Water Front City), Pengembangan Kawasan Wisata Talao Pauh dan Pengembangan Kawasan Wisata Pulau Angso Duo. Pengembangan Kawasan Wisata Terpadu Dengan UMKM, Pengembangan Water Front City dan Kawasan Wisata Talao Pauh.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk bidang infrastruktur ada 13 usulan yang disampaikan, terkait Lanjutan Pembangunan Irigasi Sawah Haru dan Irigasi Anai 2, Lanjutan Rekontruksi Jalan By Pass Pariaman Ruas Simpang Jati-Simpang Apar, Peningkatan atau Pelebaran Ruas Jalan BIM-Pariaman (Ketaping- Ulakan-Pariaman), Peningkatan Jalan dan Jembatan Simpang Jagung-Jembatan Sampan, Pembangunan Jembatan Kampung Apar, Peningkatan Jembatan Kuraitaji (2 Jalur), Pembangunan Trotoar dan Drainase Jembatan Kuraitaji-Simpang Lapai.

Kemudian, Pelebaran Jalan Akses Wisata (Sunur-Pantai Kata), Pelebaran Jalan Akses Wisata (Padang Birik-Birik-Manggung), Normalisasi Batang Piaman, Pembentukan Desa Tangguh Bencana, Pembangunan Shelter, Fasilitasi Pembangunan TPA Regional (Tindak Lanjut MOU) dengan dukungan RAPBD Kota Pariaman Tahun 2022 yaitu Pembangunan Jaringan Irigasi Sawah Haru, Pengembangan Jalan Sisi Timur Pariaman dan Pembentukan Desa Tangguh Bencana.

Sebagai penutup, Genius berharap Pemprov Sumbar melalui Bappeda memberikan support penuh untuk pembangunan Kota Pariaman.

"Karena itu, kami minta support maksimal dari Pemprov Sumbar melalui Kepala Bappeda Sumbar, Hansastri sangat kami harapkan agar usulan pembangunan di Kota Pariaman ini dapat disetujui ", tutupnya. (*)

Komentar