Festival Layang-Layang Danguang Dibuka

Metro- 10-03-2021 17:46
Wali Kota Genius Umar memainkan layangan saat pembukaan festival laying-layang, Rabu (10/3). (Foto : Arzil)
Wali Kota Genius Umar memainkan layangan saat pembukaan festival laying-layang, Rabu (10/3). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Walikota Pariaman Genius Umar membuka secara langsung festival layan-layang danguang tagak tali yang bertempat di Desa Koto Marapak Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman, Rabu (10/3).

Dalam sambutannya Genius Umar mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada panitia dan seluruh pihak yang telah melaksanakan kegiatan ini.

"Hari ini saya membuka secara langsung festival layang - layang danguang tagak tali yang dilaksanakan oleh Desa Koto Marapak Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. Ini merupakan langkah bagus untuk melestarikan kembali budaya Kota Pariaman yang nyaris hilang karena perkembangan zaman da sekaligus menghidupkan perekonomian masyarakat setempat, " ungkapnya.

Baca Juga

Permaianan layang - layang khususnya layang danguang merupakan salah satu budaya yang harus tetap dilestarikan. Apalagi perhelatan lomba layang-layang memberikan wadah penyaluran minat dan bakat di bidang seni dan budaya, khususnya senimanatau pemuda serta mempertahankan budaya bangsa.Bahkan Festival ini merupakan wadah penyaluran ekspesi, bakat, seni layangan.

"Dahulunya tradisi main layang - layang daguang dilaksanakan disaat para petani telah berhasil dalam panen padi. Salah satu wujud gembira para petani, maka secara bersama - sama membuat layang - layang dan meniakkannya di area persawahan tersebut. Namun sekarang layang - layang dimainkan tidak hanya untuk orang deawasa saja, namun remaja dan anak - anakpun juga sudah bisa memainkannya, " terangnya.

Ia berharap tradisi ini akan tetap dilaksanakan dan bisa dijadikan agenda tahunan di desa ini. Tahun ini mungkin karena masih pandemi covid-19, maka peserta masih sedikit dibatasi. Semoga saja pandemi ini cepat berakhir dan Pemko Pariaman bisa melaksanakan event- event besar lainnya.

Sementara itu kepala Desa koto Marapak Yuhaldi usai pembukaan festival layang - layang danguang tagak tali ini mengucapkan terima kasih kepada Pemko Pariaman yang sudah mendukung penuh sehingga terlaksananya kegiatan ini.

"Ini merupakan festival pertama yang dilaksanakan di Desa Koto Marapak Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. Festival Layang-Layang Danguang ini dilaksanakan terbuka untuk umum baik individu komunitas, instansi pemerintah,BUMN/BUMD, perguruan tinggi, sekolah serta masyarakat, " ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Semoga saja bisa berjalan lancar sampai final nanti sehingga kegiatan yang dilaksanakan 1 9satu) bulan penuh ini bisa berdampak pada promosi wisata dan perekonomian masyarakat Desa Koto Marapak.

Pembukaan festifal layang - layang danguang tagak tali ditandai dengan permaian layang - layang daguang oleh walikota Pariaman Genius Umar yang disaksikan langsung oleh seluruh peserta dan masyarakat yang ingin menyaksikan secara langsung kemeriahan festival ini.

Komentar