Pengurus IBI Pariaman yang Baru Dilantik

Metro-46 hit 01-04-2021 13:29
Wako Genius Umar beri arahan dalam pelantikan pengurus IBI Kota Pariaman yang baru, Kamis (1/4). (Dok : Istimewa)
Wako Genius Umar beri arahan dalam pelantikan pengurus IBI Kota Pariaman yang baru, Kamis (1/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Peran Bidan tdak hanya membantu proses melahirkan, tapi juga membantu meningkatkan kesehatan masing-masing keluarga dan masyarakat Kota Pariaman.

Hal demikian disampaikan Wali Kota Pariaman, Genius Umar saat pengukuhan pengurus cabang Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kota Pariaman periode 2018-2023 di aula Balaikota Pariaman, Kamis (1/4).

"Dengan adanya bidan desa, kami bisa mengetahui kondisi masyarakat, bagaimana pendapat masyarakat per kapita, pekerjaan setiap rumah tangga, pola makanan keluarganya. Dan ketika terjadi kekurangan gizi, disitulah bidan desa dan IBI Kota Pariaman lakukan pendampingan dan menyampaikan kepada pemko kondisi yang terjadi, selanjutnya dilakukan intervensi supaya mereka mendapat asupan gizi yang baik," kata Genius.

Baca Juga

Menururtnya, angka stunting di Kota Pariaman mencapai 9,1 persen. Dirinya menginginkan angka stunting ini harus bisa diturunkan. Dinas Kesehatan Pariaman diminta bekerjasama dengan IBI untuk menurunkan angka stunting tersebut.

Untuk itu, jelasnya, peran IBI disini jadi mitra pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kebidanan pada ibu dan anak serta keluarga dalam rangka menurunkan angka kematian ibu, balita dan meningkatkan kesehatan ibu dan anak sesuai dengan kewenangan bidan di Kota Pariaman.

"Apabila semua bidan desa melakukan hal ini, maka angka stunting bisa dikurangi hingga tiga sampai empatpersen atau bahkan bisa lebih kurang dari itu," sambungnya.

Lebih lanjutnya, Genius Umar sebutkan untuk akses sumber makanan di Pariaman tidak sulit, karena memiliki pantai dengan ikan yang banyak, tanah yang subur tapi pola hidup bersih dan sehat harus diperbaiki.

"Kami berharap, IBI tidak hanya melakukan program kesehatan namun juga program inovasi untuk mendukung Pemko Pariaman untuk mewujudkan Kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata," kata Genius Umar.

Turut hadir dalam acara pengukuhan tersebut Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin, Ketua TP-PKK Kota Pariaman, Ny. Lucyanel Genius, Ketua GOW Kota Pariaman, Ny. Indriati Mardison, Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kota Pariaman, Bidan senior Kota Pariaman, kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kota Pariaman, Kepala BPJS Kota Pariaman dan Kepala UPTD Puskesmas se-Kota Pariaman.

Komentar