63 Orang Mahasiswa Piaman Terima Program Saga Saja

Edukasi- 14-04-2021 15:24
Wali Kota Pariaman, Genius Umar serahkan beasiswa program Saga Saja kepada salah seorang mahasiswa asal kota itu, Rabu (14/4). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Pariaman, Genius Umar serahkan beasiswa program Saga Saja kepada salah seorang mahasiswa asal kota itu, Rabu (14/4). (Dok : Istimewa)

Penulis: MN. Putra

Pariaman, Arunala -- Sebanyak 63 orang mahasiswa asal Kota Pariaman menerima beasiswa program satu keluarga satu sarjana (Saga Saja) dari pemkonya, Rabu siang (14/4).

Penyerahan beasiswa dari itu diberikan langsung Wali Kota Pariaman, Genius Umar setelah sebelumnya diterima pemko dari dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kota setempat di di ruang rapat Balaikota Pariaman.

Semua mahasiswa yang menerima beasiswa Saga Saja hari ini (Rabu, red) berasal dari beberapa kampus yang bekerjasama dengan Pemko Pariaman. Total beasiswa itu mencapai Rp.81.065.000. Masing-masing mereka akan berbeda menerima besaranya, tergantung dengan kampus mereka, mulai uang semester sampai uang pembangunan," kata Genius Umar seusai penyerahan beasiswa itu.

Baca Juga

Pemko Pariaman, ujarnya, akan terus menyedikan beasiswa program Saga Saja ini, sampai mereka tamat, sehingga tujuan dari program ini dapat segera tercapai, agar mereka nantinya dapat lulus dan memperoleh pekerjaan untuk membantu ekonomi keluarga mereka.

Genius Umar juga berharap beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang mempunyai Indeks Prestasi Komulatif (IPK) diatas 2,75, dengan begitu para mahasiswa ini merasa bertanggung jawab dengan tugas dan kuliahnya.

"Selain mematok IPK minimal 2,75, kami juga nantinya akan memberikan tambahan uang saku kepada mahasiswa dan mahasiswi yang punya IPK diatas 3,7. Saat yang sama, juga ada tiga orang mahasiswa yang mempunyai nilai IPK lebih dari 3,7, dan akan kami beri tambahan Rp. 1 juta lagi," imbuh Genius.

Genius berpesan mereka yang dapat beasiswa itu agar kuliah dengan rajin dan tekun, sehingga nantinya dapat menjadi orang sukses nantinyai, dan dapat mengangkat derajat keluarganya yang kurang mampu.

"Bagi pemko, program ini diyakini dapat menurunkan angka kemiskinan di Kota Pariaman ini," tukas Genius Umar.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Pariaman, Kanderi mengatakan saat ini telah banyak daerah lain yang meniru program Saga Saja Kota Pariaman ini.

Buktinya ada beberapa daerah sudah berkunjung ke Kota Pariaman untuk mengimplementasikan program ini di daerahnya masing-masing, bahkan mereka ingin mencontohnya," ujar Kanderi.

Komentar