Sejumlah Kepala Daerah Tanam Bibit Pohon Pinago

Metro-210 hit 07-07-2021 19:06
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy saat menanam bibit pohon Pinago di kawasan Pantai Gandorian, Kota Pariaman, Rabu (7/7). (Dok : Istimewa)
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy saat menanam bibit pohon Pinago di kawasan Pantai Gandorian, Kota Pariaman, Rabu (7/7). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Sejumlah kepada daerah di Sumbar menanam bibit pohon Pinago di sekitar kawasan Pantai Gandoriah Kota Pariaman, Rabu (7/7).

Penanaman bibit pohon yang juga dilakukan Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy seusai pembukaan Jambore kader PKK Berprestasi ke-XVIII tingkat Sumbar yang diadakan di Kota Pariaman hari itu.

Alasan Pemko Pariaman memilih bibit pohon jenis Pinago untuk ditanam wakil gubernur dan para kepala daerah itu, karena pohon itu dinilai menjadi salah satu solusi penyelamat garis pantai kota itu dari abrasi pantai dan mencegah rusaknya ekosistem pinggir pantai.

Baca Juga

Wagub Sumbar, Audy Joinaldy menyampaikan upaya penanaman pohon itu merupakan salah satu langkah pemko setempat untuk mencegah terjadinya bencana tsunami dan abrasi pantai.

"Apalagi Sumbar memiliki beberapa daerah yang berada di sepanjang pantai di pulau Sumatera ini. Secara mitigasi, kerawanan terhadap abrasi dan gelombang laut yang tinggi seperti tsunami cukup rentan," ujar Audy.

Maka, sebut dia, dengan menanam berbagai pohon, salah satunya pohon Pinago di pinggir pantai setidaknya bisa menghindari wilayah pantai di Sumbar terhindar dari bahaya dan bencana abrasi pantai maupun bencana gelombang laut yang tinggi.

Wali Kota Pariaman, Genius Umar, mengucapan terima kasih atas kunjungan dan partisipasi Wagub Sumbar dan beberapa kepala daerah di Sumbar yang telah ikut menanam pohon Pinago ini di Kota Pariaman.

"Semoga apa yang dilakukan bersama hari itu bernilai manfaat untuk keseimbangan alam dan mencegah terjadinya bencana," kata Genius Umar.

Komentar