Bappeda Kota Pariaman Bahas Isu Terkait KLHS

Metro-37 hit 16-08-2021 15:33
Bappeda Pariaman saat rapat bersama pokja Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) Universitas Andalas (Unand) pimpinan, Ardinis Arbain, Senin (16/8). (Dok : Istimewa)
Bappeda Pariaman saat rapat bersama pokja Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) Universitas Andalas (Unand) pimpinan, Ardinis Arbain, Senin (16/8). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Untuk mewujudkan pencapaian pembangunan berkelanjutan di Kota Pariaman, Bappeda Kota Pariaman mengadakan Rapat Konsultasi Publik Penyusunan Dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Perubahan RencanaPembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)Kota Pariaman Tahun 2018 - 2023 di ruang rapat Wali Kota Pariaman, Senin (16/8).

Kepala Bappeda Pariaman, Fadli mengatakan kegiatan tersebutuntuk menjaring isu-isu yang berkaitan dengan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan yang sudah diintegrasikan kedalam dokumen RPJMD Kota Pariaman Tahun 2018-2023.

"Isu-isu strategis yang dimaksud ialahdari seluruh pemangku kepentingan di Pemerintahan Kota Pariaman mulai dari unsur OPD terkait, unsur masyarakat, dan organisasi masyarakat, perguruan tinggi dan juga pelaku-pelaku usaha yang ada di Pariaman," kata Fadli.

Ia berharap dari kegiatan ini kesepakatan dari isu-isu strategis yang akan dituangkan untuk penyusunan dokumen Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) perubahan revisi RPJMD Kota Pariaman Tahun 2018-2023.

Baca Juga

Sementara itu, Kepala Pusat Studi Lingkungan Hidup, Ardinis Arbain mengatakan adalima isu lingkungan strategis yang menjadi prioritas untuk Perubahan RPJMDKota Pariaman Tahun 2018-2023 yaitu terkait tata kelola sampah, pencemaran air, abrasi, banjir, dan alih fungsi lahan.

Kegiatan ini digelar secara swakelola dengan melibatkan unsur dari perguruan tinggi sebagai bentuk peningkatan kapasitas dari Kelompok Kerja (Pokja) KLHS Kota Pariaman. Yang menjadi leader dari kegiatan KLHS pada hari ini ialah Kepala Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) Universitas Andalas (Unand) Padang, Ardinis Arbain.

Komentar