Pelaksanaan Program Kotaku Butuh Kolaborasi

Metro-50 hit 21-09-2021 17:31
Sekko Pariaman, Yota Balad buka lokakarya program Kotaku secara virtual di ruang kerjanya, Selasa (21/9). (Dok : Istimewa)
Sekko Pariaman, Yota Balad buka lokakarya program Kotaku secara virtual di ruang kerjanya, Selasa (21/9). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Pariaman menggelar lokakarya selama dua hari yang dibuka langsung Sekretaris Kota (Sekko) Pariaman, Yota Balad secara virtual di ruang kerjanya, Selasa (21/9).

Lokakarya berhubungan dengan tingkat pemahaman dan koordinasi dalam pelaksanaan program Kotaku, yang merupakan bagian dari sektor Perumahan dan Kawasan Permukiman (PKP).

"Tujuan lokakarya akan dijadi rujukan dalam menyusun strategi penanganan kawasan permukiman, dan perumahan di Kota Pariaman," kata Yota Balad kepada para peserta lokakarya saat itu.

Baca Juga

Keterlibatan seluruh lapisan masyarakat dan stakeholder yang berkolaborasi, sebutnya, merupakan langkah kongrit dalam menyatukan inspirasi dan ketepatan penataan kawasan permukiman dan perumahan di kota itu.

"Melalui lokakarya ini saya minta peran aktif dari seluruh element yang ada dalam penanganan kawasan kumuh sesuai dengan kewenangan masing-masing, sehingga terciptanya kolaborasi yang harmonisterkait proses pemeliharaan dan perbaikan yang berpotensi menimbulkan gangguan bagimasyarakat, dan lingkungan," imbuh Yota Balad.

Tidak hanya itu, lanjutnya, juga diperlukan langkah identifikasi kebutuhan pemeliharaan atau perbaikan pada bangunan rumah serta prasarana, sarana, dan utilitas umum, fasilitas jasa pemerintahan, pelayanan sosial atau kegiatan ekonomi, dan penyusunan strategi pendampingan masyarakat terdampak.

Dia menambahkan, apa yang disampaikannya tersebut semuanya sudah tercantum dalam Permen PU-PR yang mengatur tentang, kelompok kerja pengembangan perumahan dan kawasan permukiman yang disebut dengan Pokja PKP, yang merupakan lembaga yang mengkordinasikan pengembangan PKP.

"Ini juga sebagai wadah untuk mempertemukan dan membicarakan kepentingan bersama dalam penyelenggaraan PKP," ingat Sekko Pariaman ini.

Yota Balad berpesan, agar dalam pelaksanaan lokakarya ini diharapkan seluruh peserta yang hadir secara zoom meeting, mendapatkan informasi terkait info umum dalam pengelolaan kawasan permukiman perumahan, serta target pengurangan kawasan kumuh Kota Pariaman.

Komentar