Kelompok Peternak Sapi Dibantu Mesin Chopper

Teknologi-20 hit 14-09-2021 10:24
Mesin pencacah makanan sedang diuji coba Genius Umar sesuai menyerakan kepada masyarakatnya, Selasa (14/9). (Dok : Istimewa)
Mesin pencacah makanan sedang diuji coba Genius Umar sesuai menyerakan kepada masyarakatnya, Selasa (14/9). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Dinas Pertanian,Pangan dan Perikanan Kota Pariaman (DPPP)salurkan bantuan mesinchopperbagi para petani peternak yang ada di wilayah Kecamatan Pariaman Selatan, Kecamatan Pariaman Timur, dan Kecamatan Pariaman Utara melalui kelompok yang telah dibentuk.

Penyerahan bantuan berupa mesinchopper, tong penyimpanan makanan ternak ini diadakan di Desa Padang Cakur, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, oleh Wali Kota Pariaman, Genius Umar, Selasa (14/9), didampingi Kadis. Pertanian, Pangan dan Perikanan Dasril, Plt Kadis Sosial, M Rum, Camat Pariaman Selatan, M Farid Marwan.

Genius usai penyerahan tersebut mengatakan bantuan mesin alat pertanian yakni mesin chopper ini, adalah sebagai upaya membantu petani peternak sapi, kerbau dan kambing dalam memotong dan mencacah bahan makanan ternak yang berasal dari lingkungan sekitar seperti sagu, batang pisang, dan rumput gajah, kemudian difermentasi agar didapat kandungan kadar gizi yang cukup bagi ternak.

Baca Juga

Genius menjelaskan, dengan dibantunya para petani peternak dengan bantuan mesin ini, dapat memudahkan para petani peternak dalam mensuplay makanan kepada ternaknya, walaupun saat ini baru satu mesin untuk di setiap kecamatan, tapi kelompok desa lain dapat juga memanfaatkannya dengan secara bersama-sama menggunakan mesin ini.

Namun, sambung Genius, tetap selalu dilakukan kontrol oleh petugas penyuluh peternakan dan pertanian yang ada di wilayah masing-masing. Kepada masyarakat petani dan peternak, jika ada yang belum dimengerti terkait pertanian dan peternakan, jangan malu-malu bertanya kepada penyuluhnya, karena itulah tugas penyuluh yakni membantu petani dan peternak untuk meningkatkan hasil tani dan ternaknya.

" Teknologi ini sederhana namun memiliki fungsi luar biasa. Mudah mudah bantuan pemerintah ini akan bermanfaat bagi peternak. Sukses selalu petani kita di Kota Pariaman," ungkap Genius

Pemko Pariaman, juga akan terus upayakan agar para petani dan peternak yang ada di Kota Pariaman dapat terbantu dan sejahtera.

Genius, juga sempat berdialog dengan salah seorang Ketua Kelompok Tani, yang menyampaikan usulan untuk kelancaran drainase aliran air sawah, dan nantinya usulan tersebut akan disampaikan ke dinas terkait untuk segera direalisasikan.

Komentar