Takraw Sumbar Berharap Akhiri "Kutukan" Runner Up

Olahraga-246 hit 26-09-2021 21:17
Tim Takraw Sumatera Barat saat berada di Kota Jayapura jelang pertandingan PON XX Papua 2021, Minggu (26/9). (Foto : Can)
Tim Takraw Sumatera Barat saat berada di Kota Jayapura jelang pertandingan PON XX Papua 2021, Minggu (26/9). (Foto : Can)

Penulis: Can

Jayapura, Arunala - Kontingen Sepak Takraw Sumbar bertekad mengakhiri "kutukan" selalu menyabet medali perak di setiap gelaran PON.

Dalam dua edisi PON terakhir, yakni Riau dan Jabar, Takraw Sumbar hanya menyabet medali perak. Untuk itu, pada PON Papua sekarang, kontingen ranah minang ini memasang target medali emas.

"Pada PON Riau dan Jabar kita selalu meraih medali perak. Di Papua ini, berharap bisa meraih medali emas," ujar pelatih Sepak Takraw Sumbar, Syahril Bais, di asrama atlet komplek Universitas Cenderawasih (Uncen), Minggu (26/9).

Baca Juga

Rasa optimistis Syahril Bais ini berbekal dari medali perak yang dikoleksi di Pra PON Sukabumi, Jawa Barat pada 2019 lalu dengan "menyepuh" perak menjadi emas.

Pada PON kali ini, Sepak Takraw Sumbar berkekuatan empat atlet putra dan empat putri plus empat pelatih dan ofisial.

Nanti tim ini akan turun di empat nomor masing-masing pada dua nomor putra beregu dan double serta putri di nomor yang sama. Sepak Takraw Sumbar sendiri baru memainkan pertandingan pertama pada 30 September mendatang di GOR Uncen.

Sejatinya, peluang medali emas terbuka, lantaran masing-masing peraih medali emas atau peringkat satu Pra PON bermain di nomor lain yakni kuadran dan double tim yang tidak diikuti oleh Sumbar.

Provinsi yang meraih medali emas pada Pra PON kemarin diantaranya Riau, Jabar, Jambi, Kalbar, Lambung, Jateng yang bermain di kategori lainnya.

"Lawan Sumbar di nomor yang diikuti merupakan runner up atau provinsi yang meraih medali perak pada Pra PON 2019," tambahnya.

Ofisial kontingen Sumbar, Jasman Heri berharap para atlet menjaga kondisi, baik taktik dan mental jelang pertandingan.

"Jaga kondisi dan fokus menghadapi pertandingan. Pada pertandingan nanti, kita akan memberikan dukungan. Berjuang maksimal dan berikan yang terbaik untuk Sumatera Barat," pesan Jasman Heri.

Komentar