Padangpariaman Dirikan 22 Gerai Vaksinasi

Metro-55 hit 12-10-2021 23:45
Sekkab Padangpariaman, Rudy Repenaldi Rilis bersama rombongan tinjau kegiatan vaksinasi di SMAN 1 Ulakan Tapakis di Nagari Manggopoh Palak Gadang Ulakan, Selasa (12/10). (Dok : Istimewa)
Sekkab Padangpariaman, Rudy Repenaldi Rilis bersama rombongan tinjau kegiatan vaksinasi di SMAN 1 Ulakan Tapakis di Nagari Manggopoh Palak Gadang Ulakan, Selasa (12/10). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padangpariaman, Arunala -- Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Padangpariaman, Rudy Repenaldi Rilis, menegaskan pentingnya vaksinasi Covid-19 semua masyarakat, tidak terkecuali yang ada di Kabupaten Padangpariaman.

Pasalnya, dengan sudah mendapat vaksin, maka akan memiliki imun tubuh yang baik dan akan melindungi diri dari suatu penyakit.

"Apabila suatu saat terpapar dengan penyakit tersebut maka orang tersebut tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan," kata Rudy saat kunjungan ke Gerai Vaksin di SMA Negeri 1 Ulakan Tapakis di Nagari Manggopoh Palak Gadang Ulakan, Selasa (12/10).

Baca Juga

Dirinya menyebutkan, vaksin bukanlah obat, vaksin mendorong pembentukan kekebalan spesifik tubuh, agar terhindar dari tertular virus ataupun kemungkinan sakit berat.

Selama belum ada obat khusus untuk Covid-19, maka vaksinasi Covid-19 jadi ikhtiar yang aman dan efektif serta perilaku 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, mengurangi mobilitas) adalah upaya perlindungan yang bisa kita lakukan agar terhindar dari Covid-19.

Menurutnya, setiap hari Pemkab Padangpariaman terus menambah Gerai Vaksin pada setiap kecamatan yang ada kabupaten itu.

Dimana pada hari Senin kemarin membuka 14 titik lokasi gerai vaksin, sedangkan pada Selasa ini membuka 22 Gerai Vaksin.

"Senin (11//10) kemarin, kami membuka 14 titik lokasi vaksin, dan Selasa (12/10) ini ditambah lagi beberapa gerai vaksin lagi sehingga keseluruhannya menjadi 22 titik lokasi.

Diantara gerai vaksin yang sudah dibuka itu, lanjut Rudy, yakni Puskesmas Sungai Limau dilaksanakan di SMAN 2 Sungai Limau, Puskesmas Sicincin di MTsN 1 Padangpariaman, Puskesmas Pauh Kambar di SMAN 1 Nan Sabaris, Puskesmas Pasar Usang, Puskesmas Sintuk ada 2 Tim (di SMPN 1 dan Puskesmas Sintuk), Puskesmas Batu Basa di SMPN 5 Sungai Pingai, dan beberapa tempat lainnya.

Lebih lanjut Rudy menjelaskan, dengan penambahan gerai vaksin, telah meningkatkan capaian vaksin di kabupaten itu.

"Hingga Selasa (12/10) jumlahnya sudah mencapai 13,425 persen, yang sebelumnya baru 12,4 persen. Saat ini, stok vaksin yang tersedia tinggal 25.000 vial. Direncanakan dalam waktu dua minggu ke depan, kami akan dapat menghabiskannya," ujar Rudy.

Untuk mencapai target dua minggu ke depan, dirinya meminta bantuan dan kerjasama seluruh pihak baik dari Kepolisian, TNI, camat, guru-guru, wali nagari, Forkopimca, Babinsa, Babinkhantimas, puskesmas dan seluruh pihak yang ikut terlibat.

Camat Ulakan Tapakih, Emri Nurman mengatakan sasaran gebyar vaksin di kecamatannya adalah, pelajar usia 12 - 18 tahun, masyarakat setempat dan ASN di lingkungan pemerintah kecamatan tersebut.

"Jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 131 orang dan yang lolos screening sebanyak 126 orang," kata Emri Nurman.

Komentar