FIK UNP kembali Gelar Paras Ganas ke-2

Metro- 24-10-2021 14:13
Wakil Rektor III UNP, Hendra Syarifuddin saat beri sambutan pembukaan Paras Ganas FIK UNP melalui meeting zoom, Sabtu (23/10). (Foto : Can)
Wakil Rektor III UNP, Hendra Syarifuddin saat beri sambutan pembukaan Paras Ganas FIK UNP melalui meeting zoom, Sabtu (23/10). (Foto : Can)

Penulis: Can

Padang, Arunala - Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Padang (FIK UNP) menggelar Parade Sains Keolahragaan Nasional (Paras Ganas) ke-2 yang diselenggarakan di gedung FIK UNP, Sabtu-Kamis (23-28/10).

Perhelatan kompetisi ini merupakan bagian rangkaian kegiatan Dies Natalis UNP ke-67 dan memperingati hari Sumpah Pemuda ke-93 dengan mengusung tema Peran Pemuda dalam Membangun Identitas Generasi Bangsa yang religius, mandiri ,dan berdaulat.

Kegiatan itu merupakan kolaborasi organisasi kemahasiswaan dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FIK UNP, Himpunan Mahasiswa Jurusan se-lingkungan FIK UNP, Unit Kegiatan Cerebro Bigas, Unit Kegiatan Kerohanian Islam.

Baca Juga

"Kegiatan Paras Ganas ke-2 ini berbeda dengan kegiatan paras ganas tahun sebelumnya, adanya penambahan jenis perlombaan yaitu perlombaan Kerohanian Islam dengan nomor perlombaan tilawah, tartil, karya tulis ilmiah keislaman dan lainnya serta webinar Internasional," kata Ketua pelaksana Paras Ganas, Razaq Mukhlis kepada Arunala.com , di kampus UNP Sabtu kemarin (23/10).

Dia menyebutkan antusiasme peserta dapat dirasakan dengan dalam kompetisi Sains ini diikuti oleh 87 peserta dari 10 perguruan tinggi di Indonesia.

Sedangkan Wakil Dekan III FIK UNP, Nurul Ihsan menyampaikan, acara Paras Ganas akan dijadikan agenda tahunan bidang kemahasiswaan di FIK UNP dengan harapan agenda ini diajukan menjadi agenda kemahasiswaan nasional.

"Ini akan memberikan kontribusi nyata pengembangan olahraga yang menerapkan keilmuan melalui gagasan dan produk inovatif dalam meraih prestasi olahraga dan membudayakan olahraga di masyarakat," ujar Nurul Ihsan.

Dia menambahkan kompetisi di Paras Ganas kali ini dilakukan secara virtual, hal ini bertujuan membatasi mobilitas peserta dalam masa pandemi dan mencegah penularan Covid-19.

Wakil Rektor III UNP, Hendra Syarifuddin yang membuka kegiatan ini mengatakan kegiatan kemahasiswaan yang dilaksanakan secara nasional itu hendaknya selalu mengikuti panduan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi antara lain Simkatmawa dan IKU (Indek Kinerja Utama) perguruan tinggi.

"Tahun ini UNP telah mencapai prestasi menjadi perguruan tinggi negeri ketiga Satker BLU dalam pencapaian IKU perguruan tinggi," ujar Hendra Syarifuddin.

Sementara untuk sesi webinar Internasional yang merupakan acara penutup dalam rangkaian kegiatan Paras Panas, pihak panitia mengundang pembicara utama yaitu Menpora Republik Indonesia Zainudin Amali, dan Atlet Indonesia asal Sumbar Fauma Defril Jumra, sebagai "Manusia Terkuat" peraih medali Emas PON XX di Papua dalam nomor Dasa Lomba dari Cabang Olahraga Atletik.

Komentar