20 Pemandu Wisata Dilatih Selam

Wisata- 05-10-2021 22:19
Pemandu wisata Kota Pariaman sedang ikuti latihan selam di kawasan Pessel, Selasa (5/10). (Dok : Istimewa)
Pemandu wisata Kota Pariaman sedang ikuti latihan selam di kawasan Pessel, Selasa (5/10). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Sebanyak 20 orang pemandu wisata Kota Pariaman diberi pelatihan menyelam oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) kota setempat.

Pelatihan selam itu dilakukan di Pulau Pasumpahan Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) selama empat hari.

Kepala Disparbud Kota Pariaman, Dwi Marhen Yono menyatakan pihaknya sengaja beri pelatihan selam kepada 20 pemandu wisata itu karena mengingat Kota Pariaman merupakan daerah pesisir pantai.

Baca Juga

"Pelatihan ini dimulai tanggal 5-8 Oktober 2021 dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) non fisik dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI," ungkap Marhen, Selasa (5/10).

Kota Pariaman, ujarnya, adalah kota wisata bahari dengan panjang pantai 12,6 km, dan memiliki empat pulau yakni Pulau Kasiak, Pulau Angso Duo, Pulau Tangah dan Pulau Ujung.

Dengan keberadaan pulau-pulau itu membuat banyak wisatawan yang datang ke kota ini untuk diving , snorkeling dan fishing. Untuk memandu wistawan tersebut, tentu membutuhkan pemandu wisata khusus (selam) yang nantinya akan mendampingi wisatawan yang berminat," ucap Marhen lagi.

Saat ini, sebut dia, Pemko Pariaman terus membenahi fisik mau pun pelayanan. Hal ini dilakukan agar Kota Pariaman makin berkembang di sektor pariwisara, sehingga wisatawan banyak berkunjung ke Pariaman.

"Bila sudah begitu, ekonomi masyarakat di Kota Pariaman juga jadi meningkat," tambahnya.

Dia berharap dengan adanya pelatihan ini, pemandu wisata di Kota Pariaman ini mampu menjadiguide yang andal dan cekatan dalam memandu wisatawan yang ingin melakukandiving, snorkeling dan fishing di wilayah pesisir pantai Kota Pariaman.

Komentar