ITP Jadikan Keterbukaan Informasi sebagai Budaya Baru

Metro- 18-11-2021 16:41
Tim KI Sumbar disambut Rektor ITP, Hendri Nofrianto di ruang kerjanya saat visitasi untuk anugera keterbukaan informasi public 2021, Kamis (18/11). (Dok : Istimewa)
Tim KI Sumbar disambut Rektor ITP, Hendri Nofrianto di ruang kerjanya saat visitasi untuk anugera keterbukaan informasi public 2021, Kamis (18/11). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Institut Teknologi Padang (ITP) jadi salah satu dari lima perguruan tinggi di Sumbar yang masuk nominator Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021, kategori perguruan tinggi yang dikunjungi (visitasi, red) Komisi Informasi (KI) Sumbar, Kamis (18/11).

Saat melakukan visitasi terkait anugerah itu ke kampus tersebut, tim KI Sumbar disambut langsung oleh Rektor ITP, Hendri Nofrianto bersama beberapa staf dan dosennya.

Dalam pertemuan itu, Hendri menyampaikan pihaknya merasa beruntung dengan adanya keterbukaan informasi publik yang dilaksanakan di kampusnya.

"Ada beberapa dana hibah yang diterima ITP, terutama dalam mendukung kampus merdeka belajar merdeka dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI. Semua itu tak lepas sikap keterbukaan informasi publik yang menjadi komitmen dan budaya baru di ITP," ujar Hendri dalam pertemuan dengan tim visitasi KI Sumbar itu.

Wakil ketua KI Sumbar, Arif Yumardi yang mendapati penjelasan Rektor ITP itu, mengatakan bahwa UU 14 Tahun 2008 telah berlaku efektif sejak 11 tahun lalu.

"Tentunya ada perubahan pradigna badan publik dalam mengaplikasikan Keterbukaan Informasi Publik itu sendiri," ujar Arif.

Menyangkut monev dan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik, Arif menyampaikan hal itu tak sekadar prediket informatif semata.

"Tapi ini ikhtiar bersama menjadikan keterbukaan informasi publik sebagai kebutuhan untuk perubahan prilaku badan publik tentang infornasi publik," kata Arif Yumardi.

Komentar