Cegah Stunting, Makan Ikan Penting bagi Anak

Metro- 22-11-2021 11:14
Kepala DKP Sumbar, Desniarti saat lakukan sosialisasi dan pemberian makanan bergizi kepada anak-anak dan para ibu dalam kegiatan peringatan Harkannas 2021 di kantor Camat Padang Selatan, Minggu (21/11). (Dok Istimewa)
Kepala DKP Sumbar, Desniarti saat lakukan sosialisasi dan pemberian makanan bergizi kepada anak-anak dan para ibu dalam kegiatan peringatan Harkannas 2021 di kantor Camat Padang Selatan, Minggu (21/11). (Dok Istimewa)

Penulis: Fajril

Padang, Arunala -- Tiap tanggal 21 November, Hari Ikan Nasional atau Harkannas diperingati, tidak terkecuali Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) Sumbar juga memperingati hari tersebut.

Bila sebelumnya peringatan Harkannas ini, DKP Sumbar kerap menyelenggarakannya dalam bentuk pameran makanan yang berasal dari produk perikanan dan lainnya.

Namun tahun ini kegiatan dilakukan dalam bentuk pelaksanaan pengabdian masyarakat terhadap keluarga yang memiliki anak-anak yang stunting dan ibu-ibu hamil di Kecamatan Padang Selatan yang diadakan di aula kantor camat setempat, Minggu (11/11).

Kepala DKP Sumbar, Desniarti menyampaikan dalam pelaksanaan Harkannas dan FINA 2021 kali ini, pihaknya bekerja sama dengan Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang dan DPD HA FPIK IPB Sumbar.

"Dalam kesempatan itu kami menyerahkan paket olahan ikan sebanyak 75 paket, dan juga sosialisasi manfaat makan ikan serta makan bergizi untuk mencegah stunting," kata Desniarti.

Sebelum kegiatan ini dilakukan, Desniarti menerangkan, pihaknya lebih dulu diadakan senam Gemari bersama, dan dilanjutkan dengan sambutan, pemotongan tumpeng Harkannnas, pemberian paket olahan ikan serta penyampaian sosialisasi oleh narasumber dari Guru Besar Fakultas Teknik Pertanian (Fateta) Unand, Prof Dr Fauzan Azima, MS.

Desniarti sangat mengharapkan, melalui sosialisasi yang dilaksanakan hari itu, akan adanya kesadaran ibu untuk memberikan makanan bergizi terutama ikan kepada anak-anaknya.

"Pencegahan stunting pada anak dimulai dari 1.000 hari pertama kehidupan yang dimulai sejak waktu kehamilan, masa bayi hingga anak berusia dua tahun," ujarnya.

Dirinya melanjutkan, apabila pada periode ini bayi tidak mendapat asupan gizi yang cukup akan berdampak pada kelangsungan hidup dan tumbuh kembang anak yang bersifat permanen.

"Mencegah stunting dengan memberikan dan mengajari anak agar menggemari ikan sejak dini. Dengan mengkonsumsi ikan secara cukup dan gizi yang seimbang diharapkan akan tumbuh generasi yang Sehat, Kuat, Cerdas serta Tangguh dan Unggul," kata Desniarti.

Komentar