Audy Tokoh Keterbukaan Informasi Publik Sumbar 2021

Metro- 06-12-2021 14:55
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy saat menerima penghargaan dari Ketua KI Sumbar, Nofal Wiska, Senin (6/12). (Dok : Istimewa)
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy saat menerima penghargaan dari Ketua KI Sumbar, Nofal Wiska, Senin (6/12). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Bukittinggi, Arunala - Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy jadi salah satu tokoh penerima Achievement Motivation Award 2021 yang diberikan Komisi Informasi (KI) Sumbar.

Penghargaan itu diserahkan KI Sumbar kepada Audy Joinaldy saat Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2021 yang diadakan di Kota Bukittinggi, Senin (6/12).

"Saya diinfokan Komisioner KI Sumbar, Adrian Tuswandi via Whatsapp yang mengatakan saya dapat penghargaan sebagai tokoh keterbukaan informasi publik 2021. Kemudian saya tanya, kenapa saya yang dapat," ujar Audy usai menerima penghargaan Achievement Motivation Award KIP 2021.

Baca Juga

Audy mengakui dalam menjalani tugas sebagai pejabat publik, dia tidak memantangi diwawancarai pers baik langsung maupun via telepon atau pun lewat Whatsapp.

"Saya tidak pernah lari dari pers, memang kadang-kadang agak lambat respon, itu karena saya ingin memastikan informasi saya berikan akurat dan benar," ujar Audy lagi.

Audy bertekad untuk keterbukaan informasi publik ini, dia akan berjibaku untuk memasifkan aplikasinya di jajaran organisasi perangkat daerah provinsi Sumbar.

"Banyak informasi yang keakuratannya harus di sigi lagi, seperti jalan tol Sumbar ada yang hilang batal, ada ditunda dan segala macam, seperti lebih tahu dari pada yang tahu, jadi banyak informasi sebenarnya hoaks, kemudian PPID Utama pemprov harus bersinergi dengan KI Sumbar untuk menangkal berita hoaks dan tidak benar itu," ujar Audy Joinaldy.

Ketua Komisi Informasi Sumbar, Nofal Wiska mengatakan Wagub Audy memperoleh Achievement Motivation Award 2021, selain mampu memanfaatkan media sosial sebagai basis menginformasikan kinerjanya.

"Juga kemampuan Pak Audy saat presentasi visual ketika KI Pusat menilai keterbukaan informasi publik Pemprov Sumbar, hasilnya Sumbar dari prediket cukup informatif 2020, sekarang menjadi menuju informatif, semoga 2021 Pemprov Sumbar kembali menjadi Informatif, sebagai penilaian tertinggi pada keterbukaan informasi publik, " ujar Nofal.

Penyerahan Tokoh Keterbukaan Informasi Publik di Balai Sidang Bung Hatta siang ini bersamaan dengan penyerahan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2021 kepada badan publik. (*)

Komentar