Yanuk Ingatkan Soal Pengelolaan Keuangan dan SDM

Metro- 05-01-2022 16:09
Suasana pelantikan tiga sekretaris KPU kabupaten dan empat Kabag di KPU Sumbar yang lakukan Sekjen KPU RI, Bernad Dermawan Sutrisno secara daring di aula kantor KPU Sumbar, Rabu (4/1). (Foto : Arzil)
Suasana pelantikan tiga sekretaris KPU kabupaten dan empat Kabag di KPU Sumbar yang lakukan Sekjen KPU RI, Bernad Dermawan Sutrisno secara daring di aula kantor KPU Sumbar, Rabu (4/1). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Sekretaris Jenderal (Sekjen) KPU RI, Bernad Dermawan Sutrisno melantik para pejabat di sejumlah KPU provinsi maupun kabupaten kota secara daring, Rabu (5/1).

Dalam kesempatan itu, Bernad Dermawan meminta semua pejabat yang dilantik agar segera langsung bekerja dengan komitmen sesuai aturan perundangan dan sesuai sumpah/janji yang diucapkan.

Sementara di Sumbar, ada tiga orang sekretaris KPU kabupaten dan empat kepala bagian (Kabag) di KPU Sumbar yang bersamaan di hari itu.

Baca Juga

Ketua KPU Sumbar, Yanuk Sri Mulyani memberikan beberapa pesan kepada para pejabat yang dilantik itu. Dia mengingatkan kepada para tiga sekretaris KPU kabupaten yang dilantik yakni Agam, Pasaman Barat dan Kepulauan Mentawai, termasuk Kabag Keuangan di KPU Sumbar untuk lebih cermat dan teliti dalam laksanakan tugasnya.

"Jangan sampau muncul persoalan terkait pengelolaan keuangan, apalagi disaat laksanakan tahapan pemilu maupun pemilihan serentak 2024," ingat Yanuk.

Kemudian bagi Kabag SDM di KPU Sumbar, Yanuk juga menekankan untuk segara dituntaskan persoalan SDM yang ada di KPU itu.

"Tidak ada lagi persoalan menyangkut SDM saat tahapan pemilu dan pemilihan berjalan karena itu bisa mengganggu jalannya tahapan," tukas Yanuk.

Yanuk mencontohkan untuk di KPU Sumbar, yang saat ini ada beberapa Tinggal jabatan Kasubag yang masih kosong.

"Jadi saya meminta jabatan-jabatan yang masih kosong itu untuk bisa segera diisi oleh orang yang berkompeten," pinta Yanuk.

Terakhir, Yanuk juga meminta untuk sama-sama menjaga marwah KPU dengan membina kerjasama yang baik dengan berbagai pihak, sehingga KPU bisa laksanakan tahapan pemilu dengan baik.

Sedangkan, Kabag Keuangan, Umum dan Logistik KPU Sumbar yang baru, Jumiati menyikapi penegasan Yanuk tentang pengelolaan keuangan, menegaskan hal itu akan jadi perhatian bagi bidang.

"Sebenarnya penegasan Ketua KPU Sumbar menyangkut pengelolaan keuangan itu tidak hanya ditujukan pada bagian saya saja, namun penekanan itu juga ditujukan kepada para sekretaris KPU kabupaten yang ikut dilantik bersama saya. Intinya, untuk pengelolaan keuangan KPU harus lebih cermat sehingga tidak ada lagi temuan yang berujung dengan pengembalian dana KPU kepada KAS negara," kata Jumiati, kepada Arunala.com seusai pelantikan, Rabu (5/1).

Adapun para sekretaris KPU kabupaten dan pejabat eleson III di KPU Sumbar yang dilantik hari itu adalah Sekretaris KPU Agam dijabat Okta Donis, kemudian Sekretaris KPU Pasaman Barat Zaidi dan terakhir Sekretaris Kabupaten Kepulauan Mentawai Irman Santoso.

Sedangkan empat pejabat eselon III di KPU Sumbar yang dilantik akan masing-masing Kabag Keuangan, Umum dan Logistik dijabat Jumiati, Kabag Teknis Penyelenggara Pemilu, Partisipasi dan Humas diisi Rino Sutrisno.

Sedangkan untuk posisi Kabag Perencanaan, Data dan Informasi diisi Wandrizen, serta Kabag Hukum dan SDM dijabat Aan Wuryanto.

Komentar