9 Ribu Anak SD/MI di Kota Pariaman bakal Divaksin

Metro- 27-01-2022 19:26
Wali Kota Genius Umar pimpin rapat persiapan sosialisasi vaksinasi massa bagi anak SD/MI di Kota Pariaman, Kamis (27/1). (Dok : Istimewa)
Wali Kota Genius Umar pimpin rapat persiapan sosialisasi vaksinasi massa bagi anak SD/MI di Kota Pariaman, Kamis (27/1). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala -- Pemko Pariaman bersama Forkopimda setempat gelar rapat bersama terkait rencana sosialisasi vaksinasi bagi pelajar SD sederajat usia 6-11 tahun di Kota Pariaman, Kamis (27/1).

Upaya vaksinasi itu untuk mendukung kekebalan dan perlindungan tubuh (herd immunity) dari serangan virus bagi pelajar SD/MI tersebut.

Rapat bersama itu langsung dipimpim Wali Kota Genius Umar didamping Wakil Wali Kota Mardison Mahyuddin.

Baca Juga

"Vaksinasi ini juga perlu dan menjadi kebutuhan bagi para anak didik dan pelajar SD/MI. Untuk di Kota Pariaman terdapat 82 SD/MI yang tersebar di empat kecamatan dengan jumlah pelajar 9.000 orang siswa," kata Genius saat itu.

Dirinya melanjutkan, untuk melaksanakan proses pembelajaran tatap muka yang berkelanjutan, dan agar anak-anak bebas melaksanakan aktivitas sehari-hari (bermain, bersosialisasi dan belajar), maka vaksinasi untuk anak-anak itu sangat dibutuhkan.

Genius juga menyebutkan dihadapan Forkopimda dan peserta rapat, vaksinasi nantinya diberikan sebanyak dua kali dengan interval minimal 28 hari melalui suntikan intramuskular di bagian lengan atas dengan dosis 0,5 mL.

Sedangkan untuk pelaksanaan skrining, menggunakan format yang telah ditetapkan dan diharapkan kejujuran dan kerjasama dari orang tua/wali murid tentang riwayat penyakit anak.

Serta harus ada surat pernyataan persetujuan orang tua/wali murid dan melampirkan Kartu Keluarga (KK), dan vaksin yang diberikan adalah Bio Farma dan/atau Coronavac.

"Senin (31/2) depan sosialisasi vaksinasi bagi anak SD/MI dimulai, tim dari Forkopimda akan mendatangi seluruh SD/MI di kota ini dengan diawali dengan upacara di sekolah," kata Genius Umar.

Komentar