Ekowisata Nyarai Masuk Nominasi Wisata Unggulan Sumbar

Wisata- 03-03-2022 21:24
Tim visitasi Dinas Pariwisata Sumbar meninjau kawasan ekowisata Nyarai untuk penilaian lapangan, Rabu siang (2/3) kemarin. (Dok : Istimewa)
Tim visitasi Dinas Pariwisata Sumbar meninjau kawasan ekowisata Nyarai untuk penilaian lapangan, Rabu siang (2/3) kemarin. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padangpariaman, Arunala - Dinas Pariwisata Sumbar, menetapkan ekowisata Nyarai jadi salah satu dari enam kawasan wisata, yang masuk penilaian Daya Tarik Wisata Unggulan (DTWU) Sumbar di 2022 ini.

Hal itu berdasarkan hasil verifikasi yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Sumbar terhadap sejumlah kawasan wisata unggulan yang dilakukan pada Senin (14/2) lalu.

Tindak lanjut dari hasil penilaian tersebut, pihak Dinas Pariwisata Sumbar kemudian melakukan visitasi dan peninjauan lapangan ke kawasan ekowisata Nyarai yang sebelumnya dilakukan pemaparan yang bertempat di aula Bapelitbangda Kabupaten Padangpariaman, Rabu siang (2/3).

Baca Juga

Dalam visitasi itu, ketua tim juri, Prof. Dr. Ansofino mengatakan masuknya Ekowisata Nyarai dalam penilaian DTWU, tidak terlepas dari daya saing, branding, tematik dan kemitraan.

Dimana terlihat antara Pokdarwis, masyarakat, perangkat nagari dan ninik mamak sangat berperan dalam meningkat pengembangan ekowisata Nyarai tersebut.

Sementara itu, Kepala Bidang Destinasi Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, Doni Hendra, memaparkan, proses masuknya ekowisata Nyarai dalam enam besar tersebut, berdasarkan hasil wawancara dengan Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Padangpariaman, Jon Kenedi, di kantor Dinas Pariwisata Sumbar saat dilakukan verifikasi.

Penetapan DTWU ini juga bertujuan memotivasi pemkab dan pemko, agar lebih fokus dalam pengembangan sektor pariwisata, karena daerah memiliki keterbatasan anggaran dan sumber daya lainnya.

"Dengan adanya DTWU, diharapkan daerah dapat maksimal mengembangkan sebuah destinasi wisata menjadi lebih representatif dan nantinya dapat mendukung program Visit Beautiful West Sumatera 2023, yang telah dicanangkan Gubernur Sumbar beberapa waktu lalu," ucap Doni.

Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Padangpariaman, Rudy Repenaldi Rilis, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pariwisata Sumbar karena telah menetapkan kawasan ekowisata Nyarai sebagai salah satu nominasi dalam penilaian DTWU Sumbar 2022.

Program ini, sebutnya, sangat sinkron dengan visi dan misi kepala daerah Padangpariaman dengan tagline "Berjaya" yakni mewujudkan Padangpariaman yang unggul berkelanjutan, religius, sejahtera dan berbudaya.

"Kami berharap, ekowisata Nyarai yang berada di Kawasan Hutan Gamaran dengan segmentasi wisata minat khusus yang sudah mendunia, dapat menjadi DTWU terbaik Sumbar di ini. Karena, Pokdarwis bersama perangkat nagari dan tokoh masyarakat setempat telah bekerja maksimal untuk menjadikan air terjun Nyarai menjadi objek wisata yang dikenal dunia luar," ujar Rudy.

Dia juga menyampaikan, keberadaan ekowisata Nyarai itu juga tidak terlepas dari perjuangan Ritno dan kawan-kawannya yang selalu bersemangat dan tidak mengenal lelah untuk memajukan nagari.

Rudy menambahkan, untuk kemajuan sektor pariwisata memang diperlukan keterkaitan pemda, terutama dalam pembangunan fisik. Seperti pembangunan sarana jalan, laga-laga, gerbang, posko, toilet, musala, cottage, gazebo dan fasilitas umum lainnya.

"Segala biaya yang digunakan untuk pembangunan itu, bersumber dari DAK, DAU serta dana aspirasi anggota DPRD dan bantuan khusus keuangan dari Pemprov Sumbar," pungkas Rudy Rilis.

Komentar