Penumpang Tak lagi Tes Covid jika Sudah Dua Kali Vaksin

Metro- 08-03-2022 19:33
Seorang pengguna jasa penerbangan di BIM menunjukkan dua hasil vaksinasinya saat ingin berangkat melalui BIM, Selasa siang (8/3). (Istimewa)
Seorang pengguna jasa penerbangan di BIM menunjukkan dua hasil vaksinasinya saat ingin berangkat melalui BIM, Selasa siang (8/3). (Istimewa)

.

Siswanto menyebutkan, penerapan aturan baru itu juga dijalankan semua bandara yang ada dibawah pengelolaan AP II.

Dia menjelaskan, dalam SE Kemenhub yang baru ini, menerangkan, setiap penumpang pesawat rute domestik yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua atau vaksinasi dosis ketiga (booster) tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

"Bagi penumpang rute domestik yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3x24 jam atau rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1x24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan," beber Siswanto.

Sementara itu, lanjutnya, penumpang rute domestik dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi, wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil 3x24 jam atau rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanannext

Komentar