Terbuka Peluang Putusan KI Bisa Digugat

Metro- 15-03-2022 16:56
Komisioner KI Sumbar, bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Publik, Adrian Tuswandi. (Dok : Istimewa)
Komisioner KI Sumbar, bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Publik, Adrian Tuswandi. (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padang, Arunala - Kendati Komisi Informasi (KI) punya kewenangan bisa memutuskan hasil sebuah sidang sengketa informasi, namun putusan itu juga bisa digugat ke PTUN maupun Pengadilan Negeri (PN).

Hal ini disampaikan Komisioner KI Sumbar, bidang Penyelesaian Sengketa Informasi Publik, Adrian Tuswandi, di Padang, Selasa (15/3).

Alasan Adrian Tuswandi menyebutkan hal itu, karena dari sejumlah sidang penyelesaian sengketa informasi publik, tentu ada pihak yang bersengketa yang menerima atau pun tidak putusan yang ditetapkan majelis komisioner.

Baca Juga

"Nah, apabila ada diantara pihak yang bersengketa soal informasi publik dan tidak menerima hasil putusan majelis, mereka bisa diajukan keberatan ke PTUN atau PN berdasarkan Pasal 48 UU 14 Tahun 2008 junto Pasal 60 Perki 1 tahun 2013 tentang Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Publik," ujar Adrian lagi.

Terkait proses penyelesaian persidangan sengeketa informasi publik sendiri, lanjut Adrian, dilakukan majelis sidang secara terbuka dan dibuka untuk umum, sebab itu punya implikasi hukum bagi para pihak bersengketa informasi publik.

Dia menambahkan, pengakuan keberatan atas putusan majelis komisioner itu ke PTUN maupun PN, bisa dilakukan oleh para pihak 14 hari kerja setelah putusan diterima.

"Tapi setelah 14 hari kerja putusan diterima tidak ada para pihak yang ajukan keberatan, maka putusan berkekuatan hukum tetap. Jika tak dilaksanakan putusan KI ini, maka pemohon bisa menempuh permohonan eksekusi kepada pengadilan negeri tempat termohon atau badan publik berdomisili, dasarnya Perma RI Nomor 2 Tahun 2017," pungkas Adrian Tuswandi.

Komentar