Ratusan Siswa SD dan SMP Ikuti KOSN 2022

Olahraga- 21-03-2022 13:27
Asisten II Setko Pariaman, Elfis Chandra dan Kadis Disdikpora, Kanderi beri semangat para peserta yang ikut KOSN 2022 di kota itu, Senin (21/3). (Foto : Arzil)
Asisten II Setko Pariaman, Elfis Chandra dan Kadis Disdikpora, Kanderi beri semangat para peserta yang ikut KOSN 2022 di kota itu, Senin (21/3). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Pariaman, Arunala - Sebanyak 483 pelajar dari SD/MI dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Pariaman mengikuti Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) 2022 tingkat Kota Pariaman, Senin (21/3).

Para pelajar yang terdiri 163 murid SD/MI dan 163 pelajar SMP itu akan menguji kepintaran mereka dalam berbagai bidang pelajaran sesuai dengan tingkatan mereka.

"Kompetisi ini (KOSN, red) sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di sekolah baik menyangkut pencapaian kualitas akademik, maupun aspek non akademik," ucap Asisten II Setko Pariaman, Elfis Chandra kepada wartawan di sela-sela kegiatan KOSN yang diadakan di GOR Radjo Bujang, Karan Aur Kota Pariaman itu.

Baca Juga

Penyelenggaraan KOSN, sebut Elfis, merupakan salah satu wadah untuk mengapresiasi kebutuhan non akademis siswa yang memiliki bakat dan minat khususnya di bidang olahraga dan sekaligus meningkatkan kondisi kesehatan jasmani siswa.

"Selain itu, upaya meningkatkan prestasi siswa di bidang olahraga serta mencari bibit unggul agar dibina dan diproyeksikan untuk mengikuti ajang-ajang olahraga baik di tingkat lokal, regional maupun internasional," ungkapnya lagi.

Elfis menambahkan, KOSN adalah suatu kegiatan bersifat kompetisi di bidang olahraga antarpeserta didik SD/MI dan SMP/MTsN dalam tingkat pertandingan tertentu.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Pariaman, Kanderi mengatakan KOSN 2022 ini dilaksanakan secara berjenjang mulai dari sekolah, kecamatan, kabupaten kota, provinsi, dan nasional.

"Untuk jenjang SD/MI ada enam cabor yang dipertandingkan yaitu silat, karate, tenis meja, bulu tangkis, atletik, dan sepakbola mini. Sementara SMP/MTS juga ada enan cabor yaitu silat, karate, tenis meja, bulu tangkis, atletik, dan bola voli. KOSN dihelas dari 21-23 Maret ini," ungkapnya.

Mengenai tempat pertandingan, Kanderi menyampaikan ada di beberapa lokasi, seperti GOR Radjo Bujang, GOR Rawang, lapangan voli Desa Rawang, aula SMP 4 Pariaman, dan lapangan bola kaki Desa Sikapak Timur.

Dia melanjutkan pemenang dari KOSN 2022 ini akan mewakili Kota Pariaman ke tingkat Sumbar bahkan sampai ke nasional. Seperti pada 2021 lalu, yakni di cabor silat tingkat SD/MI dan SMP/MTS masuk nominasi di tingkat nasional.

Komentar