Dua Mundur, Audy Terpilih Jadi Ketua Kwarda Sumbar

Metro- 28-03-2022 10:55
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy seusai terpilih sebagai sebagai Ketua Kwartir Daerah 03 Sumbar masa bakti 2022-2027, Minggu (27/3). (Dok : Istimewa)
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy seusai terpilih sebagai sebagai Ketua Kwartir Daerah 03 Sumbar masa bakti 2022-2027, Minggu (27/3). (Dok : Istimewa)

Penulis: Darizon Y

Padang, Arunala - Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy ditetapkan sebagai Ketua Kwartir Daerah 03 Sumbar masa bakti 2022-2027, pada Musda Kwarda yang diadakan di Padang, Minggu (27/3).

Penetapan Audy sebagai ketua melalui aklamasi, dilakukan setelah dua calon lainnya menyatakan mundur dari pencalonan.

Sebelumnya, pada Musda yang berlangsung selama dua hari itu, telah diusulkan tiga nama yang dinyatakan memenuhi syarat sebagai calon Ketua Gerakan Pramuka Kwarda Sumbar, yaitu Risnawanto, yang saat ini menjabat Wakil Bupati Pasaman Barat (Pasbar), dan Martias Wanto, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Kota (Sekko) Bukittinggi.

Baca Juga

Dengan pengunduran diri kedua calon tersebut, maka Sidang Paripurna Musda memutuskan penetapan Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy selaku Ketua.

Dalam sambutannya Audy sempat mengenang dan memberikan apresiasi pada Ketua Gerakan Pramuka Kwarda Sumbar sebelumnya, Almarhum Nasrul Abit. Audy juga menyampaikan kesiapannya mengemban amanah yang dititipkan.

"Insya Allah, saya siap mengemban amanah. Menjaga amanah ini, butuh kolaborasi dengan berbagai pihak, pengurus Kwarda sebelumnya, Kwarcab, pemerintah, swasta, hingga NGO," ujar Audy.

Menurutnya, dengan perubahan zaman 4.0 di masa Covid-19, Pramuka harus segera menyesuaikan diri, karena yang paling bisa bertahan di dunia ini adalah mereka yang mampu beradaptasi dengan perubahan dan perkembangan zaman.

"Program-program digitalisasi harus ada, harus dilakukan pembaharuan, kita juga minta masukan dari kwartir-kwartir cabang, yang tentu juga harus memiliki program unggulan agar marwah gerakan pramuka terus terjaga," lanjutnya.

Sementara itu, Sekko Bukittinggi Martias Wanto, menyampaikan alasan pengunduran dirinya dikarenakan kesibukannya pada Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Kwarda Sumbar.

"Mengingat kesibukan Saya juga di LPK Kwarda, akan lebih baik Saya mengundurkan diri dari pencalonan," ungkap Sekko Bukittinggi itu.

Demikian juga dengan Wakil Bupati Agam, Risnawanto menyampaikan hal yang senada dengan Martias Wanto dalam pengunduran dirinya.

Meski begitu, keduanya menyatakan tetap aktif dan setia berkontribusi untuk Gerakan Pramuka Kwarda Sumbar.

Diketahui selepas terpilihnya Audy Joinaldy selaku ketua, ia bersama tim formatur ditugasi membentuk kepengurusan baru Kwarda 03 Sumbar dan melapor pada Kwarnas selambat-lambatnya dua bulan sejak keputusan ditetapkan.

"Susunan pengurus Kwarda Sumbar secepatnya dibentuk," pungkas Audy.

Komentar