Pemkab Solsel Belajar Inovasi SPBE ke Padangpariaman

Metro- 29-03-2022 11:06
Bupati Suhatri Bur dan Wabup Rahmang saat menerima kunjungan Bupati Khairunas bersama rombongannya di IKK Parikmalintang, Senin (28/3). (Dok : Istimewa)
Bupati Suhatri Bur dan Wabup Rahmang saat menerima kunjungan Bupati Khairunas bersama rombongannya di IKK Parikmalintang, Senin (28/3). (Dok : Istimewa)

Penulis: Arzil

Padangpariaman, Arunala - Pemkab Solok Selatan (Solsel) memilih Kabupaten Padangpariaman sebagai daerah studi banding mereka untuk melihat dan meniru pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang ada di kabupaten tersebut.

Rombongan Pemkab Solsel yang langsung dipimpin Bupati Khairunas bersama 12 kepala OPD-nya itu hadir di Padangpariaman, Senin siang (28/3). Mereka disambut Bupati Suhatri Bur didampingi Wabup Rahmang dan para OPD.

Khairunas mengatakan alasan berkunjung ke Padangpariaman karena ingin sama dengan kabupaten itu.

Baca Juga

"Ini salah satu bentuk upaya dalam memacu pembangunan Solok Selatan agar tidak tertinggal dari daerah lain," kata Khairunas.

Seiring ingin memajukan kabupatennya, Khairunas menyebut daerahnya juga telah melakukan beberapa MoU dengan beberapa daerah.

"Kami ingin sejajar dengan Kabupaten Padangpariaman, tentu dengan kerjasama ini dapat kami adopsi dan replikasi inovasi dan sistem informasi yang ada di Padangpariaman untuk bisa juga diterapkan di Solsel," harap bupati yang juga Ketua DPD Golkar Sumbar ini.

Sementara Bupati Padangpariaman Suhatri Bur, menyambut baik kunjungan dan kerjasama ini.

"Kabupaten Solsel bagi kami tidak asing lagi dan malahan sudah menjadi saudaranya kami. Untuk itu tidak salah kiranya kami berbagi inovasi dan program kerja agar sama-sama maju sebagaimana harapan Saudaraku Khairunas," ujar Suhatri Bur.

Suhatri Bur yang juga ketua DPD PAN Padangpariaman ini menyebut, prestasi yang telah didapat ini tidak terlepas dari semangat dan koordinasi yang efektif dari perangkat daerah yang ada.

Dia menegaskan dengan kebersamaan itu, Padangpariaman dapat meraih prestasi dan mengalami peningkatan pembangunan.

"Kabupaten kami pernah meraih kabupaten inovatif peringkat 2 Indonesia. Dan tahun 2021 kemarin telah diraih 14 penghargaan yang berasal dari inovasi-inovasi Padangpariaman," jelasnya.

Lebih lanjut Suhatri Bur menyebut Padangpariaman adalah salah satu dari 100 kabupaten kota Smart City Indonesia. Semua program smart city merupakan program-program inovasi di seluruh perangkat daerah. Dengan berbagai program inovatif ini kami membangun kabupaten ini untuk mewujudkan Padangpariaman Berjaya," tukuk Suhatri Bur lagi.

Sedangkan Kadis Kominfo Padangpariaman, Zahirman mengungkapkan, pada tahun 2022 ini, dinasnya telah melahirkan 10 buah inovasi yaitu : INTAN BERNIK (Integrasi Layanan Berbasis Elektonik), SIAPKAN (Surek Cinto= Surat Elektronik dengan Chating Info), SITIKA (Sistim Informasi Telekomunikasi Intra Kantor).

Kemudian BIDADARI Popcast (Bincang-bincang di udara dengan Podcast, Tata Surek (Tanda Tangan Surat Elektronik), COC (Central Operation City).

Selanjutnya, inovasi Mandi Uap (Raman Digital Untuk Akses Publik), PPID CAKAP (PPID Ciptakan Pelayanan Yang Cepat, Akurat dan Profesional), Peron Berita(Publikasi Ekspres Online Berita) dan ISI DADAMU (Info Statistik Daerah Di Sosial Media Umum).

"Tindak lanjut dari MoU kerjasama ini akan dilakukan pertemuan programmer dan replikasi Aplikasi persuratan yaitu SIAPKAN dan Super Apps Padangpariaman Intan Bernik," sebut Zahirman.

Lebih lanjut Zahirman menjelaskan inovasi-inovasi ini lahir untuk mengatasi permasalahan-permasalahan dalam rangka mengoptimalkan pelaksanaan tugas dan fungsi.

"Agar inovasi ini berjalan dengan baik, dibutuhkan kerjasama dan dukungan dari semua pihak terutama OPD terkait," harap mantan Kabag Humas ini.

Di sisi lain, studi banding yang dilakukan Pemkab Solsel ke Padangpariaman juga ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama empat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yaitu antara Disdukcapil dan Diskominfo Pemkab Padangpariaman dengan Disdukcapil dan Diskominfo Pemkab Solsel.

Komentar