Pol PP Butuh Informasi Masyarakat Tegakkan Perda

Metro- 07-04-2022 22:42
Plt Kasat Pol PP dan Pemadam Kebakaran Padangpariaman, Marsidi serahkan secara simbolis bantuan pemkab kepada pengurus Surau Rimbo Kaduduak, Kamis malam (7/4). (Foto : Arzil)
Plt Kasat Pol PP dan Pemadam Kebakaran Padangpariaman, Marsidi serahkan secara simbolis bantuan pemkab kepada pengurus Surau Rimbo Kaduduak, Kamis malam (7/4). (Foto : Arzil)

Penulis: Arzil

Padangpariaman, Arunala - Hari kedua kunjungan Tim Safari Ramadan Pemkab Padangpariaman, berbagai masjid, musala dan surau jadi target kunjungan.

Begitu pula Tim Safari Ramadan 33 yang dipimpin Plt Kasat Pol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Padangpariaman, Marsidi dengan mengunjungi Surau Rimbo Kaduduak, Nagari Toboh Gadang Timur, Kecamatan Sintuak Toboh Gadang, Kamis malam (7/4).

Dalam penjelasannya, Marsidi menyampaikan kendati Pol PP punya tugas dalam menjaga tegaknya Perda, namun dukungan masyarakat tidak bisa diabaikan.

Baca Juga

"Salah satu bantuan dan informasi yang kami butuhkan dari masyarakat adalah menyangkut keberadaan kafe-kafe yang menyediakan wanita penghibur. segera laporkan kepada kami, dan itu akan segera kami tindak termasuk kegiatan balap liar," kata Marsidi.

Malah terang Marsidi, pihaknya pernah menjaring para begal yang ada di salah satu wilayah di Padangpariaman ini beberapa waktu lalu.

"Dalam penjaringan itu, kami mendapati remaja yang terlibat begal itu membawa senjata tajam (sajam), mirisnya sajam yang dibawa remaja itu ukurannya lebih besar dari badannya. Membawa sajam ini saja sudah melanggar hukum," ujar Marsidi lagi.

Dirinya menilai, terlibatnya remaja aksi begal itu menunjukan pikiran mereka sudah dikotori oleh modal nekat, bahkan ada dipengaruhi narkoba.

"Untuk itu, mari kita sama-sama menjaga anak-anak kita agar tidak terlibat aksi aksi yang melanggar hukum itu," ajak Marsidi kepada para jamaah yang hadir di Surau Rimbo Kaduduak itu.

"Ajak mereka kembali ka surau, agar karakter mereka bisa menjadi lebih islami," imbuhnya.

Menyangkut aspek keagamaan, Marsidi mengaku hal itu sejalan dengan program Pemkab Padangpariaman yang berkomitmen menegakkan syiar agama di kabupaten ini.

Dia juga mengapresiasi Kecamatan Sintuak Toboh Gadang yang menjadi salah satu tempat penyebaran syiar agama Islam.

"Itu bisa saya lihat dengan banyaknya putri dari kecamatan Sintuak Toboh Gadang yang menjadi kalifah bahkan sempat mewakili daerah lain dan Sumbar di ajang lomba MTQ tingkat provinsi bahkan nasional," ucap Marsidi.

Untuk itu, Plt Kasat Pol PP ini meminta pihak kecamatan khususnya di Nagari Toboh Gadang Timur mengajak anak-anaknya untuk kembali ke surau.

"Dengan begitu anak-anak kita tidak keluyuran, serta bisa menjadikan anak-anak kita ini menjadi anak-anak yang berkarakter lebih islami," pungkas Marsidi.

Dikesempatan itu, Tim Safari Ramadan yang dipimpin Marsidi juga menyerahkan bantuan dari Pemkab Padangpariaman untuk Surau Diaur berupa lima buah Al Quran serta bantuan dana sebesar Rp5 juta.

Saat mengunjungi surau tersebut, Marsidi membawa segenap jajarannya, ikut hadir juga Anggota Sekretaris Camat Sintuak Toboh Gadang, Rusniwita, Wali Nagari Toboh Gadang Timur, Roni Saputra, Babin Kamtibmas setempat dan undangan lainnya.

Komentar